Harga Minyak Dunia Turun, Investor Khawatir Langkah Agresif The Fed

Syahrizal Sidik
10 Februari 2023, 08:54
Harga Minyak Dunia Turun, Investor Khawatir Langkah Agresif The Fed
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi, Harga minyak dunia kembali melanjutkan tren penurunan pada Jumat pagi ini.

Harga minyak mentah dunia mengalami tren penurunan pada perdagangan Jumat pagi ini. Terkoreksinya harga minyak lantaran para pelaku pasar mencermati kemungkinan The Fed bakal lebih agresif mengerek bunga untuk meredam inflasi setelah laporan data tenaga kerja yang kuat di Januari. Alhasil, dampaknya akan cukup menekan aset berisiko seperti harga minyak. 

Minyak mentah berjangka Intermediate West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret turun 0,5 persen, menjadi menetap di US$ 78,06 per barel di New York Mercantile Exchange.

Advertisement

Minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman April berkurang 59 sen atau 0,7% menjadi ditutup pada US$ 84,50 per barel di London ICE Futures Exchange. Kedua harga acuan minyak tersebut telah naik lebih dari 5,0 persen sejauh minggu ini.

Stok minyak mentah AS naik minggu lalu menjadi 455,1 juta barel, tertinggi sejak Juni 2021, Badani Informasi Energi AS (EIA) melaporkan pada Rabu (8/2/2023), yang juga mendorong harga minyak lebih rendah. Persediaan bensin dan sulingan juga meningkat minggu lalu, kata EIA, selama bulan-bulan musim dingin yang sejuk di luar musimnya.

Prospek permintaan yang lebih kuat dari China memberikan beberapa dukungan pada harga minyak, karena konsumen minyak terbesar kedua dunia itu mengakhiri kebijakan nol-COVID yang ketat selama lebih dari tiga tahun.

"Kami memperkirakan konsumsi minyak China meningkat sekitar 1,0 juta barel per hari tahun ini, dengan pertumbuhan yang kuat muncul paling cepat di akhir kuartal pertama," tulis analis dari bank ANZ, seperti dikutip dari Antara, Jumat (10/2).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement