Harta Rafael Alun Rp 56 M Jadi Sorotan, Benarkah Sesuai Laporan LHKPN?

Syahrizal Sidik
25 Februari 2023, 20:34
Harta Kekayaan Rafael Alun Jadi Sorotan, Benarkah Sesuai Laporan LHKPN?
KPP PMA DUA
Rafael Alun Trisambodo

Harta kekayaan yang dimiliki eks pejabat di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo menjadi sorotan publik. Harta Rafael  yang dilaporkan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) mencapai Rp 56,10 miliar hingga akhir 2021.

Kekayaan Rafael menjadi perhatian khalayak setelah peristiwa penganiayaan yang dilakukan anaknya, Mario Dandy Satrio. Di media sosialnya, Mario kerap menunjukkan gaya hidup mewah seperti menggunakan kendaraan Jeep Rubicon hingga motor Harley Davidson. 

Di media sosial, akun Twitter Logika Politik (@logikapolitikid), menulis sebuah utas mengenai sejumlah aset yang dimiliki Rafael seperti unit rumah dan kendaraan yang kenyataannya tidak sesuai dengan yang dilaporkan di LHKPN.

Misalnya, di situs LHKPN Rafael menulis hanya memiliki aset kendaraan Toyota Kijang dan Toyota Camry dengan harga senilai Rp 425 juta. Hal ini bertolak belakang dengan utas tersebut yang menyebut Rafael memiliki kendaraan lainnya seperti Toyota Land Cruiser.

Ini belum termasuk kendaraan Harley Davidson yang disebut Logika Politik juga dimiliki Rafael. Meski terkait kepemilikan kendaraan mewah ini dibantah Rafael. 

“Sebetulnya itu bukan, ini, tapi mending kita fokus kepada ini saja, itu (Rubicon-Harley) bukan milik saya,” kata Rafael. 

Cuitan itu juga menyebut, Rafael memiliki bisnis restoran dan sejumlah rumah mewah yang berada di Yogyakarta, Jakarta dan Manado.

Di situs LHKPN, Rafael melaporkan memiliki 11 aset berupa tanah dan bangunan dengan nilai terbesar yakni Rp 51,93 miliar. Aset tersebut tersebar di berbagai daerah seperti Sleman, Yogyakarta; Manado, Sulawesi Utara dan beberapa aset di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...