KAI Belum Dapat Izin Impor Gerbong KRL, Ini Respons Erick Thohir

Patricia Yashinta Desy Abigail
1 Maret 2023, 08:20
KAI Belum Dapat Izin Impor Gerbong KRL, Ini Respons Erick Thohir
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merespons perihal rencana PT KAI Commuter Indonesia atau KCI yang belum memperoleh izin teknis untuk mengimpor gerbong kereta rel listrik (KRL) dari Kementerian Perdagangan. 

KCI disebut telah memesan 16 rangkaian KRL baru kepada PT INKA (Persero) senilai Rp 4 triliun. Namun, KRL tersebut baru siap beroperasi pada 2025 hingga 2026. Sehingga, opsi yang diambil dengan melakukan impor. 

Advertisement

Erick menilai, tidak ada masalah jika harus bekerja sama dengan negara lain untuk menambah gerbong KRL. Sebab, hal tersebut berhubungan dengan lonjakan penumpang dan pembangunan infrastruktur kereta api di Indonesia.

Pasalnya, saat ini terdapat 29 KRL yang akan dikonservasi atau dipensiunkan hingga 2024. Rinciannya, sebanyak 10 KRL akan dikonservasi tahun ini, sementara 19 lainnya pada 2024.

"Kita juga mesti melihat kapasitas produksi kita mencukupi atau tidak? Kalau ternyata kapasitas kita tidak siap, kan tidak ada salahnya bekerja sama dengan negara lain untuk mencari solusi supaya ini cepat tersedia," katanya saat ditemui wartawan di Hotel St. Regis, Selasa (28/2).

Erick membandingkan dengan harga tiket pesawat yang mahal karena jumlah pesawat yang kurang dengan kereta api yang hanya menambah jumlah gerbong dari sepuluh menjadi lima belas gerbong.

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement