Depo BBM Plumpang Akan Pindah ke Lahan Milik Pelindo

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 Maret 2023, 18:06
Depo BBM Plumpang Akan Pindah ke Lahan Milik Pelindo
Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Terminal BBM Plumpang

Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan akan merelokasi depo bahan bakar minyak (BBM) milik PT Pertamina di Plumpang di Koja, Jakarta Utara ke lahan milik PT Pelindo.

Rencana tersebut disampaikan Erick usai terjadinya kebakaran di depo BBM Plumpang yang menelan 19 korban jiwa dan hampir 50 orang mengalami luka-luka. Peristiwa kebakaran ini kembali terjadi setelah 2009 silam. 

Advertisement

"Kami akan koordinasi dengan Pelindo lahannya akan siap dibangun akhir 2024. Pembangunan memerlukan waktu 2 sampai 2 setengah tahun. Masih ada waktu tiga tahun setengah," kata Erick kepada wartawan, Senin (6/3). 

Belum diketahui secara pasti lokasi lahan Pelindo mana yang akan ditunjuk. Tapi, Erick menyebut rencana ini sebagai salah satu perlindungan kepada masyarakat sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo. Oleh sebab itu, dirinya meminta dukungan kepada pemerintah setempat dan masyarakat. 

Agar tidak mengulang hal yang sama, Erick menyampaikan pihaknya akan membuat wilayah aman di sekitar kilang milik Pertamina. Tidak hanya di depo Plumpang, wilayah aman akan dibuat di Balongan dan Semarang. 

Halaman:
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement