Kemenhub Siapkan Pelabuhan Ciwandan untuk Urai Kepadatan Merak

Nadya Zahira
14 Maret 2023, 22:10
Kemenhub Siapkan Pelabuhan Ciwandan untuk Urai Kepadatan Merak
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/rwa.
Sejumlah kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Pelabuhan Merak, Banten. Pemerintah akan menyiapkan Pelabuhan Ciwandan sebagai Angkutan Lebaran tahun ini.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat tengah menyiapkan Pelabuhan Ciwandan di Cilegon, Banten untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Merak selama masa Angkutan Lebaran 2023.

Pelabuhan Ciwandan disiapkan lantaran pemudik yang akan melakukan perjalanan dari Pulau Jawa menuju Sumatera diprediksi akan meningkat.

Advertisement

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan Pelabuhan Ciwandan bukan alternatif, melainkan akan beroperasi bersamaan dengan pelabuhan penyeberangan lainnya selama mudik lebaran, khususnya bagi pengguna sepeda motor dan truk logistik. 

"Di sana akan dilayani dengan lintasan Ciwandan-Bakauheni untuk arus mudik dan Ciwandan-Panjang untuk arus mudik-balik," ujar Hendro, dalam keterangan resminya, Selasa (14/3).

Hendro menuturkan, pada lintasan Ciwandan-Bakauheni akan dilayani oleh sebanyak 12 unit kapal RoRo, sedangkan lintasan Ciwandan – Panjang akan dilayani oleh 3 unit kapal milik PT Pelni dan PT ALP.

Dia juga mengatakan, nantinya akan dialokasikan sebanyak 5 dermaga di Pelabuhan Ciwandan di antaranya dermaga 02, dermaga 03, dermaga 05A, 06 dan juga 07 dengan rencana 24 trip/hari. Sementara itu, dermaga yang beroperasi di Pelabuhan Merak sebanyak 7 dermaga yang akan dilayani dengan total 65 kapal RoRo.

"Nantinya kendaraan Roda 4 dan bus akan menggunakan Pelabuhan Merak untuk arus mudik dan Bakauheni untuk arus balik, terpisah dengan kendaraan Roda 2 dan truk agar tidak terlalu padat," tuturnya.

Kemudian, ia mengatakan pengalihan sepeda motor dan truk ke Pelabuhan Ciwandan akan dilakukan secara sistem melalui aplikasi Ferizy sehingga penjualan tiket khusus sepeda motor dan truk logistik hanya ada pilihan melalui lintas Ciwandan-Bakauheni dan Ciwandan-Panjang.

"Diharapkan dengan beroperasinya Pelabuhan Ciwandan dapat mengurangi waktu tunggu pengguna sepeda motor untuk diangkut masuk ke kapal penyeberangan," kata dia.

Pembelian Tiket Penyeberangan Melalui Ferizy

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement