Pemerintah Salurkan Bansos Pangan untuk 21,3 Juta KPM Mulai Pekan Ini

Nadya Zahira
27 Maret 2023, 08:37
Pemerintah Salurkan Bansos Pangan untuk 21,3 Juta KPM Mulai Pekan Ini
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/tom.
Petugas merekam kartu identitas warga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) saat pencairan Bansos Program Keluarga Harapan (PKH), Subsidi BBM dan BPNT di Kantor Kelurahan Maleber, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Pemerintah segera menggelontorkan bantuan sosial (bansos) berupa beras kepada 21,353 juta masyarakat berpendapatan rendah. Kepala Badan Pangan Nasional atau Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan, bantuan pangan ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo guna menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi. 

"Kita akan segera gelontorkan bantuan pangan ini hingga tiga bulan ke depan dengan target sasaran 21,353 juta keluarga penerima manfaat sesuai database dari Kementerian Sosial. Perum Bulog telah mendapat penugasan dari pemerintah untuk menyalurkan ke seluruh penerima manfaat tersebut," ujar Arief dalam keterangan resmi, Senin (27/3).

Besaran bantuan beras tersebut berupa paket 10 kilogram (kg) beras per penerima manfaat dan akan dilakukan selama tiga bulan, dari Maret-Mei 2023, yang rencananya akan mulai disalurkan pada Kamis, 30 Maret 2023. Kemudian, bansos itu akan diberikan kepada kelompok masyarakat desil bawah yang termasuk dalam penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai. 

Arief mengatakan, saat ini Bulog dalam tahap penyiapan untuk pengemasan sehingga apabila semuanya telah siap, segera digelontorkan kepada masyarakat.

"Untuk pembagiannya, mekanismenya nanti Bulog yang akan ditugaskan untuk mendistribusikan sampai titik distribusi terakhir, by name by address," ujarnya.

Arief mengakui, adanya fluktuasi harga beras saat ini memang memberikan tekanan tersendiri terhadap konsumen, terutama masyarakat berpendapatan rendah. Maka dari itu, bantuan pangan ini menjadi bantalan sehingga masyarakat yang membutuhkan bisa mendapatkan beras.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan 21,353 juta penerima manfaat dengan perhitungan 10 kg per penerima selama tiga bulan, dibutuhkan sekitar 630 ribu ton beras. Arief menegaskan penyaluran beras untuk bantuan pangan ini berasal dari Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola Bulog.

Oleh sebab itu, pihaknya mendorong Bulog untuk menyerap hasil produk petani dalam negeri sebanyak-banyaknya pada saat panen raya sesuai arahan Jokowi. Diketahui, pemerintah melalui Bapanas telah menugaskan Perum Bulog  untuk menyerap 2,4 juta ton sepanjang tahun 2023.  

Sementara itu, untuk bansos pangan lainnya berupa komoditas daging ayam dan telur juga akan digelontorkan, namun dengan kelompok sasaran yang lebih spesifik yaitu 1,46 juta kelompok masyarakat dengan risiko stunting berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Pendistribusian bantuan pangan ini akan dikelola oleh BUMN Pangan ID Food. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...