Sandiaga Akan Terapkan SOP Bagi Sopir Bus Pariwisata Usai Tragedi Guci

Nadya Zahira
8 Mei 2023, 22:35
Sandiaga Akan Terapkan SOP Bagi Sopir Bus Pariwisata Usai Tragedi Guci
ANTARA FOTO/Tois/app/aww.
Satu unit bus dalam posisi terbalik usai jatuh ke dalam jurang di kawasan objek wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf menilai tragedi kecelakaan yang menimpa rombongan wisatawan dari Tangerang Selatan (Tangsel) saat menuju objek Wisata Guci di Tegal, Jawa Tengah, pada Minggu (7/5) akibat kelalaian sopir bus yang tidak menerapkan prosedur secara disiplin.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya akan membuat Standard Operating Procedure (SOP) untuk para sopir bus pariwisata. Salah satu yang ditekankan ialah sopir bus tidak boleh meninggalkan bus pada saat penumpang berada di dalamnya. 

"SOP ini akan kami buat, karena keselamatan dari para penumpang wisatawan harus menjadi prioritas," kata Sandiaga saat ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (8/ 5).

Sandiaga menyampaikan, sopir bus ke depannya juga tidak boleh meninggalkan bus dalam keadaan mesin hidup. Dia menegaskan, bagi para pelaku sopir bus pariwisata yang tidak menaati SOP tersebut akan disanksi sesuai dengan prosedurnya.

"Saya belum pernah itu naik bus pariwisata di luar negeri seperti di AS, Eropa, atau Mesir, saat kami naik bus sopir selalu ada di dalam bus, dan dia tidak akan meninggalkan bus kalau misalnya belum kosong busnya, maka ini juga harus diterapkan di Indonesia," tegas Sandiaga.

Dia berharap, penerapan SOP tersebut bertujuan agar tragedi kecelakaan bus di Guci tidak terulang kembali. Kemenparekraf juga telah menugaskan staf ahli manajemen krisis untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar memperhatikan prosedur pengamanan kawasan pariwisata Guci.  "Jadi jangan sampai ini terulang kembali, apalagi untuk kecelakaan yang bisa dihindari seperti ini," kata Sandiaga.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...