Indonesia Ekspor Perdana 41,5 Juta Ton Ayam Hidup ke Singapura

Syahrizal Sidik
14 Mei 2023, 14:51
Indonesia Ekspor Perdana 41,5 Juta Ton Ayam Hidup ke Singapura
ANTARA FOTO/Arnas Padda/YU
Ilustrasi. Indonesia resmi mengekspor 23.040 ekor atau setara 41,5 juta ton ayam hidup ke Singapura.

Indonesia mengekspor mengekspor ayam hidup ke Singapura sebanyak 23.040 ekor atau setara dengan 41,47 ton ayam broiler untuk pertana kalinya. Ekspor perdana ini dilakukan oleh PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) dari fasilitas mereka di Gunung Kijang, Pulau Bintan.

Ekspor ayam hidup tersebut langsung masuk ke rumah potong di Singapura dan menjalani pemeriksaan virus flu burung. Produk ayam hidup Indonesia dinyatakan bebas dari virus flu burung sehingga bisa langsung dipasok ke pasar di Singapura.

Dubes Indonesia di Singapura, Suryopratomo menyampaikan, ekspor ini merupakan tonggak pencapaian yang menandai peningkatan kerja sama perdagangan yang lebih kohesif antara Indonesia dengan Singapura.

"Ekspor ini juga merupakan tindak lanjut yang konkret dari pertemuan di antara kedua pemimpin dalam leaders retreat Mei lalu di Singapura" kata Suryopratomo, dalam keterangan resminya, Minggu (14/5). Sebelumnya, kata Suryo, Indonesia mengekspor ayam potong beku dan produk ayam olahan sejak bulan Juni tahun lalu.

"Indonesia akan terus berupaya untuk menjadi alternatif sumber pasokan ayam untuk Singapura, mengingat kebutuhan ayam di Singapura terus meningkat setiap tahunnya," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...