Harga Minyak Jatuh di Tengah Potensi Kesepakatan Nuklir AS dan Iran

Syahrizal Sidik
9 Juni 2023, 08:31
Harga Minyak Jatuh di Tengah Potensi Kesepakatan Nuklir AS dan Iran
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Harga minyak dunia Brent kembali jatuh menjelang kemungkinan tercapainya kesepakatan nuklir antara Amerika Serikat dengan Iran.

Harga minyak mentah berjangka turun pada perdagangan Jumat pagi ini (9/6) di tengah laporan kemungkinan kesepakatan nuklir antara Amerika Serikat dengan Iran. 

Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli turun US$ 1,24 atau 1,71% menjadi menetap di US$ 71,29 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus merosot US$ 0,99 atau 1,29% ke level US$ 75,96 per barel di London ICE Futures Exchange.

Amerika Serikat dan Iran hampir mencapai kesepakatan sementara, yang memungkinkan Iran mengekspor 1 juta barel minyak setiap hari, menurut sebuah laporan oleh situs berita yang berbasis di London, Middle East Eye, Kamis (8/6).

Harga minyak turun lebih dari tiga dolar AS di tengah laporan Washington akan memberikan keringanan sanksi kepada Iran untuk mengekspor minyak dengan imbalan Teheran mengurangi pengayaan uranium, tetapi memangkas sebagian dari kerugiannya setelah pihak AS mengatakan berita itu salah dan menyesatkan.

"Jika tidak ada kesepakatan Iran maka kami kembali ke tempat kami sebelumnya, lebih fokus pada permintaan bahan bakar," kata John Kilduff, partner di Again Capital LLC di New York.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...