Bahlil Terima Komitmen Investasi 228 Investor di IKN

Nadya Zahira
10 Juni 2023, 11:30
Bahlil Terima Komitmen Investasi 228 Investor di IKN
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Proyek pembangunan Istana Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Kabupaten Penajem Pasert Utara, Kalimantan Timur.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia optimis investor swasta akan masuk ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada Agustus-September 2023. Optimisme itu muncul karena komitmen awal investasi atau Letter of Intent atau LOI dari para calon investor IKN terus bertambah, dari sebelumnya 220 menjadi 228.

Bahlil menilai, pembangunan IKN akan terus berjalan dengan baik, jika pengganti Presiden Joko Widodo atau Jokowi nantinya sejalan dengan program pemerintah saat ini.

Advertisement

"Kalau ditanya apakah yakin? Saya yakin 100% bisa berjalan, terkecuali yang mengganti pak Jokowi adalah yang tidak sejalan dengan Pak Jokowi. Itu lain cerita lagi,” ujar Bahlil dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Jakarta, Jumat (9/6).

Bahlil mengatakan, investor sangat serius untuk melakukan investasi di IKN. Namun, investor masih menunggu selesainya pembangunan infrastruktur dasar di IKN. Saat ini, sumber pembiayaan infrastruktur dasar tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). 

Namun demikian, dia belum bisa menyebutkan lebih rinci terkait nilai investasi tersebut karena pihaknya mempunyai komitmen perjanjian kerahasiaan atau non disclosure agreement (NDA) dengan para calon investor potensial. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement