Erick Thohir Angkat Frans Marganda Jadi Dirut Baru RNI

Sebelum diangkat Erick Thohir sebagai direktur utama, Frans Marganda Tambunan menjabat sebagai direktur komersial di perusahaan holding pangan BUMN tersebut.
Image title
21 Maret 2022, 15:57
Erick Thohir Angkat Frans Marganda Jadi Dirut Baru RNI
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan kata sambutan pada Peluncuran BUMN Holding Pangan ID FOOD di halaman Museum Fatahillah, Jakarta, Rabu (12/1/2022). . Kehadiran holding BUMN tersebut dapat menciptakan transformasi ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir yang menjadi solusi untuk meningkatkan inklusivitas serta kesejahteraan petani, peternak, dan nelayan. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/YU

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengukuhkan, mengalihtugaskan dan mengangkat Direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID Food.

Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Frans Marganda Tambunan sebagai Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero). Sebelumnya, Frans menjabat sebagai Direktur Komersial PT RNI yang kini digantikan oleh Ardiansyah Chaniago.

Pengangkatan ini sesuai dengan Keputusan Menteri BUMN No.SK-83/MBU/03/2022 Tanggal 21 Maret 2022 dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT RNI (Persero) yang terselenggara pada hari ini (21/3).

Direktur Utama PT RNI (Persero), Frans Marganda Tambunan berkomitmen akan melanjutkan visi misi holding pangan, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, serta berupaya untuk mengoptimalkan ekosistem pangan berkelanjutan.

Advertisement

“Terima kasih kepada Pemegang Saham Kementerian BUMN, Kepala Badan Pangan Nasional, semoga amanah ini dapat bersama - sama memajukan Industri Pangan Indonesia,” kata Frans dalam keterangan resminya, Senin (21/3).

Adapun susunan Direksi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yang baru dikukuhkan dalam RUPS hari ini adalah sebagai berikut:

  • Frans Marganda Tambunan, Direktur Utama
  • Ardiansyah Chaniago, Direktur Komersial
  • Endang Suraningsih, Direktur SDM
  • Febriyanto, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha
  • Thomas Hadinata, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko
  • Adhi Cahyono Nugroho, Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi

Sementara itu, Asisten Deputi Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN, Zuryati Simbolon mengucapkan selamat bertugas kepada jajaran Direksi PT RNI (Persero) yang baru. Ia berharap agar jajaran baru ini dapat berkontribusi dalam memajukan industri pangan Indonesia.

Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi turut mengucapkan selamat kepada Direktur Utama dan Direktur Komersial baru Direksi RNI, menurutnya saat ini tantangan perseroan adalah restrukturisasi dan transformasi pangan.

“Harapan saya BUMN dapat terus kolaborasi bersama, hal ini sesuai ekspektasi Presiden Joko Widodo dan Menteri BUMN, untuk bersama-sama memajukan industri pangan Indonesia," kata Adi.

Pemerintah resmi meluncurkan holding BUMN pangan pada 12 Januari lalu sebagai upaya untuk menciptakan transformasi ekosistem pangan yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. PT RNI ditunjuk sebagai induk holding BUMN melalui Peraturan Pemerintah Nomor 118 Tahun 2021 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Rajawali Nusantara Indonesia.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait