Grup Lippo Jual 63% Saham Emiten Asuransi ke Hanwha Life

Grup Lippo melalui IAP dan Star Pacific selaku pengendali LPGI telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat dengan Hanhwa Life pada 1 April 2022.
Image title
5 April 2022, 17:13
Grup Lippo Jual 63% Saham Emiten Asuransi ke Hanwha Life
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ilustrasi perusahaan asuransi

Pemegang saham pengendali asuransi PT Lippo General Insurance Tbk (LPGI), PT Inti Anugerah Pratama (IAP) menjual sebagian kepemilikan sahamnya kepada perusahaan asuransi asal Korea Selatan, PT Hanhwa Life Insurance Indonesia (HLII).

IAP adalah perusahaan yang terafiliasi dengan keluarga Mochtar Riady, pendiri Grup Lippo. Perusahaan bersama PT Star Pacific Tbk selaku pengendali LPGI telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat atau conditional share purchase agreement (CPSA) dengan Hanhwa Life pada 1 April 2022.

"HLII akan membeli sebanyak 42,79% saham milik IAP di Lippo General Insurance dan sejumlah saham milik Star Pacific di LPGI sebanyak 4,90%," ungkap Presiden Direktur Lippo General Insurance, Agus Benjamin, dalam pengumuman di keterbukaan informasi BEI, dikutip Selasa (5/4).

Kemudian, Hanwha General Insurance (HGI) akan membeli sebanyak 14,9% saham yang dimiliki Star Pacific di LPGI. Dengan transaksi tersebut, perusahaan asuransi tersebut akan menjadi pemegang saham pengendali baru. Sedangkan, kepemilikan saham Grup Lippo akan terdilusi.

Advertisement

Bila dikalkulasi, Hanhwa Life tercatat bakal mengakuisisi sebanyak 63% saham Lippo General Insurance dari IAP dan Star Pacific.

Sebelum transaksi tersebut, IAP tercatat menguasai sebanyak 65,79% saham. Star Pacific sebanyak 19,80% saham. Sisanya dimiliki investor publik sebanyak 14,41% saham.

Hanwha Life didirikan sejak tahun 2013. Berdasarkan publikasi laporan keuangan perusahaan, Hanwha Life pada tahun 2021 membukukan pendapatan senilai Rp 224,64 miliar, naik dari periode yang sama pada setahun sebelumnya senilai Rp 201,08 miliar.

Jumlah klaim dan manfaat yang dibayarkan perusahaan sepanjang tahun 2021 tercatat senilai Rp 58,90 miliar. Pendapaan premi tercatat senilai Rp 37,57 miliar.

Sementara itu, Lippo General Insurance menjadi perusahaan publik pada 1997. Beberapa kategori produk yang ditawarkan perusahaan antara lain, asuransi kebakaran, asuransi kesehatan baik individu, keluarga, maupun karyawan perusahaan, asuransi kendaraan bermotor, asuransi pengangkutan, dan berbagai asuransi lainnya.

Adapun, rasio solvabilitas Lippo General Insurance sampai dengan Desember 2019 tercatat 198,54% yang setara dengan total aset senilai Rp 2,43 triliun.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait