Incar Dana IPO Rp 160 Miliar, Indo Boga Tawarkan Harga Rp100 per Saham

Image title
19 April 2022, 17:35
Incar Dana IPO Rp 160 Miliar, Indo Boga Tawarkan Harga Rp100 per Saham
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Karyawan melintas di dekat layar monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

PT Indo Boga Sukses Tbk memasuki masa penawaran umum saham perdana mulai hari ini, Selasa (19/4) hingga 21 April mendatang. Perseroan menetapkan harga initial public offering (IPO) sebesar Rp 100 per saham.

Indo Boga akan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 25 April 2022 dengan kode IBOS. Perseroan melepas sebanyak 1,60 miliar saham atau 20% dari total modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Melalui IPO ini, perseroan mengincar dana segar maksimal Rp 160,73 miliar.

Bersamaan dengan IPO ini, IBOS juga akan menerbitkan sebanyak 803,68 juta Waran Seri I atau sebanyak-banyaknya 12,50% dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga pelaksanaan sebesar Rp 180. Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Setiap pemegang dua saham baru berhak memperoleh satu Waran Seri I, di mana setiap satu waran memberikan hak kepada pemegang untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan enam bulan sejak diterbitkan.

Dari dana hasil IPO, sekitar 4,72% dari 29,23% akan digunakan oleh perseroan sebagai belanja modal untuk renovasi dan tambahan executive lounge di D'Monaco Restaurant, renovasi, dan re-touching bangunan yang terletak di atas tanah yang dimiliki perseroan di jalan Sulawesi yang akan difungsikan sebagai restoran, serta pembangunan Restoran di atas tanah kosong yang dikuasai Perseroan yang terletak di daerah Condongcatur.

Kemudian, sekitar 24,51% dari 29,23% itu akan digunakan untuk modal kerja yaitu operasional perusahaan, pembelian bahan baku, persediaan barang, gaji karyawan, pembayaran utang usaha, dan pembayaran utang pajak.

Lalu, sekitar 37,66% akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Indo Nations Harvest (INH) untuk pembangunan cold storage berikut fasilitasnya serta pembelian mesin pengolahan ikan bumbu dan daging olahan bumbu dan peralatan pendukung, serta untuk operasional perusahaan.

Selanjutnya, sekitar 16,12% akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Kairos Sukses Indonesia (KSI) untuk renovasi dan penambahan empat outlet bisnis baru yang keseluruhannya berada di Surabaya, yang akan secara bertahap dibangun mulai semester 2 tahun 2022 dan diperkirakan keseluruhan outlet akan selesai pada semester ke 2 tahun 2023.

"Sekitar 16,99% lainnya akan digunakan untuk setoran modal kepada PT Sofia Berkah Abadi (SBA) untuk pembangunan restoran di atas tanah yang dikuasai oleh SBA, yang terletak di daerah Wedomartani dan pembangunan Sofia Lounge dan Meeting Room di Sofia Hotel di Jl. Karya Utama, Ngaglik," demikian tertulis dalam prospektus yang dirilis perseroan, Selasa (19/4).

Sedangkan, dana yang diperoleh Perseroan dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan untuk modal kerja perseroan yaitu untuk operasional perusahaan, pembelian bahan baku, pembayaran utang dagang, persediaan barang dan gaji karyawan.

 

Advertisement
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait