BNI Resmi Akuisisi 63,92% Saham Bank Mayora

Transaksi pengambilalihan tersebut menjadikan BNI sebagai pemegang saham pengendali baru Bank Mayora.
Image title
20 Mei 2022, 09:45
BNI Resmi Akuisisi 63,92% Saham Bank Mayora
BNI
PT Bank Negara Indonesia Tbk

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) menyatakan telah menyelesaikan akuisisi 63,92% saham PT Bank Mayora dari International Finance Corporation.

Transaksi pengambilalihan tersebut dilaksanakan pada 18 Mei 2022 di mana BNI mengakuisisi setara 1,19 miliar saham. Dengan demikian, saat ini komposisi kepemilikan pemegang saham bank yang terafiliasi dengan Grup Mayora tersebut sebesar 63,92% dimiliki perseroan, sisanya 36,08% oleh PT Mayora Inti Utama.

"Dengan persentase kepemilikan saham tersebut, perseroan menjadi pemegang saham pengendali Bank Mayora," kata Sekretaris Perusahaan, Mucharom, dalam keterbukaan informasi, dikutip Jumat (20/5).

Mucharom mengatakan, pengambilalihan Bank Mayora oleh perseroan akan memberikan dampak positif terhadap kinerja dan mendukung transformasi perseoran menjadi penyedia solusi finansial terintegrasi berbasis digital.

Advertisement

Seperti diketahui, aksi korporasi ini sebelumnya telah mendapat restu pemegang saham pada 15 Maret 2022 lalu.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan, BNI mengakuisisi Bank Mayora untuk nantinya ditransformasikan menjadi bank digital. Dengan pembentukan bank digital, ia berharap perseroan dapat meningkatkan segmen UMKM yang saat ini belum terlayani secara maksimal oleh perbankan.

"Kalau UMKM dilayani dengan bank konvensional kita yang sekarang itu biayanya terlalu mahal. Kita ingin bangun suatu bank digital yang biaya operasionalnya serendah mungkin yang bisa menjangkau masyarakat banyak, sehingga UMKM kita bisa naik lagi," kata Royke.

Di samping itu, ia mengungkapkan bahwa BNI berkomitmen penuh untuk membangun bisnis perbankan yang ramah lingkungan. Hal ini merupakan salah satu kontribusi perseroan dalam agenda G20.

Pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan (retained earnings) atau kekayaan BNI.

Bank Mayora adalah entitas dari perusahaan konsumer yang didirikan oleh pengusaha Jogi Hendra Atmadja, PT Mayora Indah Tbk (MYOR). Mengacu situs perusahaan, Bank Mayora didirikan pada 28 Juli 1993 silam. Saat ini, jumlah jaringan kantor Bank Mayora sebanyak 37 kantor yang tersebar di Jabotabek, Bandung, Surabaya, dan Lampung. 

Pada perdagangan Jumat ini, harga saham BBNI terpantau menguat 1,73% ke level Rp 8.825 per saham. Begitupun dengan saham MYOR yang naik 2,16% ke level Rp 1.655 per saham. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait