Perkuat Platform Digital, Telkom Suntik Modal ke Anak Usaha Rp 292 M

Penyertaan modal Grup Telkom kepada entitas usahanya, PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED) untuk memperkuat platform digital.
Image title
23 Mei 2022, 10:03
Perkuat Platform Digital, Telkom Suntik Modal ke Anak Usaha Rp 292 M
Telkom
PT Telkom Indonesia Tbk

PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) melalui anak usahanya PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyuntikkan modal kepada PT Telkomsel Ekosistem Digital (TED). Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Telkom melakukan transaksi afiliasi berupa penyertaan modal oleh Telkomsel kepada TED senilai Rp 292 miliar.

"Telah dilakukan penyertaan modal oleh Telkomsel kepada TED, dalam rangka memperkuat platform digital yang dimiliki oleh TED," tulis manajemen Telkom dalam keterbukaan informasi, dikutip Senin (23/5).

Telkomsel merupakan anak perusahaan yang dikendalikan langsung oleh Telkom dengan kepemilikan sebesar 65% saham. Sedangkan, TED merupakan anak perusahaan yang dikendalikan langsung oleh Telkomsel dengan kepemilikan sebesar 99,999% saham.

Manajemen menyatakan bahwa, transaksi yang dilakukan telah melalui prosedur transaksi afilasi dan transaksi benturan kepentingan. Selain itu, transaksi ini tidak mengandung benturan kepentingan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan POJK 42/2020.

Advertisement

TED merupakan anak perusaahan yang bergerak di bidang jasa konsultasi manajemen bisnis dan investasi atau penyertaan modal pada perusahaan-perusahaan lain. Selain itu, TED juga bergerak di bidang aktivitas pengolahan data, hosting dan periklanan.

TED resmi dibentuk pada awal Januari lalu dan diposisikan sebagai holding company yang menaungi beberapa anak perusahaan dari emerging portfolio bisnis vertikal Telkomsel di bidang sektor digital, dengan mengoptimalkan pemanfaatan sinergi seluruh keunggulan ekosistem aset yang dimiliki Telkomsel.

Pembentukan TED juga ditujukan untuk membuka peluang serta mempermudah inovasi pemanfaatan teknologi digital terkini yang akan memperkuat ekosistem digital Indonesia. TED sendiri berfokus pada tiga sektor industri digital, yakni edu-tech, health-tech dan gaming.

Sebelumnya, Telkom juga melakukan transaksi afiliasi dengan memberikan pinjaman dana kepada anak usaha bidang pengembangan satelit, yakni PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sebesar Rp 116 miliar pada 18 Mei 2022.

Pinjaman dana tersebut merupakan yang ketiga kalinya diberikan oleh perseroan kepada Telkomsat. Pada 17 Desember 2021, Telkom juga menyuntikkan dana pinjaman senilai Rp 132 miliar kepada Telkomsat. Kemudian, pada 18 Maret, Telkom juga menggelontorkan dana pinjaman sebesar Rp 397 miliar kepada Telkomsat, dengan tujuan penggunaan dana yang sama.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait