Grup Djarum Beli Saham TOWR Rp 3,31 Triliun dengan Harga Premium

Grup Djarum melalui PT Dwimuria Investama Andalan yang dimiliki Hartono bersaudara, memperbesar kepemilikan sahamnya di Sarana Menara Nusantara melalui penawaran tender sukarela.
Syahrizal Sidik
4 Agustus 2022, 13:59
Grup Djarum Rogoh Rp 3,31 Triliun, Beli Saham TOWR di Harga Premium
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Ilustrasi menara telekomunikasi

Grup Djarum, melalui PT Dwimuria Investama Andalan akan menambah pundi-pundi sahamnya di emiten menara telekomunikasi PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Mengacu prospektus yang dipublikasikan perusahaan, Dwimuria Investama Andalan akan melakukan penawaran tender sukarela saham TOWR dengan jumlah sebanyak-banyaknya 2,55 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp 1.300 per saham.

"Nilai tersebut mewakili 5% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam Sarana Menara Nusantara," bunyi pengumuman tersebut, dikutip Kamis (4/8).

Dengan demikian, dari aksi korporasi ini, Dwimuria merogoh kocek sebesar Rp 3,31 triliun. Harga yang dibeli tersebut berada di atas rata-rata harga acuan sebesar 28,7% atau harga premium.

Advertisement

Sebelum transaksi ini, Dwimuria sebelumnya menguasai sebanyak 100.000 saham milik TOWR. Sehingga, setelah dilakukannya transaksi, porsi kepemilikan saham Dwimuria di TOWR akan meningkat menjadi sebanyak 2.550.831.300 saham.

Transaksi ini memiliki hubungan afiliasi mengingat, Robert Budi Hartono dan Bambang Hartono bertindak sebagai pemegang saham dari  Dwimuria Investama Andalan memiliki hubungan keluarga dengan Victor Rahmat Hartono dan Martin Basuki Hartono bertindak sebagai pemilik manfaat perusahaan di TOWR. Robert dan Martin adalah putra dari Robert Budi Hartono.

Penawaran tender sukarela ini sudah mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Adapun, periode penawaran tender sukarela berlangsung pada 4 Agustus sampai dengan 2 September 2022.

Sebagai gambaran, sampai dengan 31 Maret 2022 ini, TOWR terctat membukukan laba bersih sebesar Rp 853,53 miliar dengan laba operasional sebesar Rp 1,68 triliun. Perusahaan membukukan pendapatan sebesar Rp 2,62 triliun.

Adapun, aset perusahaan mencapai Rp 63,49 triliun yang terdiri dari liabilitas Rp 50,58 triilun dan ekuitas Rp 12,89 triliun. Pada perdagangan Kamis ini, harga saam TOWR bergerak naik 2,89% ke level Rp 1.245 per saham dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 63,51 triliun.   

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait