Petingginya Terseret Kasus Korupsi, Saham Waskita Karya (WSKT) Anjlok

Manajemen Waskita mengatakan akan berkomitmen untuk kooperatif dan mendukung para penegak hukum dalam pemberantasan korupsi.
Patricia Yashinta Desy Abigail
7 Desember 2022, 10:33
Petingginya Terseret Korupsi, Saham Waskita Karya (WSKT) Anjlok
Arief Kamaludin|KATADATA
Waskita Karya

Emiten konstruksi BUMN, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) buka suara mengenai penetapan Direktur Operasi II Waskita Karya Bambang Rianto sebagai tersangka korupsi penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan beberapa bank oleh Kejaksaan Agung. 

Seiring dengan kasus tersebut, saham perseroan pada perdagangan Rabu ini terpantau anjlok 2,59% kemudian terus bergerak melemah 3,11% ke level Rp 374 per saham. 

Manajemen Waskita mengatakan akan berkomitmen untuk kooperatif dan mendukung para penegak hukum dalam pemberantasan korupsi. "Sehubungan dengan kasus hukum yang sedang dijalani oleh salah satu pejabat Waskita, manajemen perseroan menghormati segala proses penyidikan yang sedang dilakukan oleh Penyidik Kejaksaan Agung," katanya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (7/12).

Selain itu, manajemen perusahaan juga mengatakan kasus hukum yang menjerat petinggi perseroan tersebut tidak berdampak pada kegiatan perusahaan baik secara operasional maupun keuangan.

Terpisah, Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi mengatakan penyidik telah meningkatkan status penyidikan umum ke penyidikan khusus kasus. Tersangka ditetapkan berdasarkan dua alat bukti untuk dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan penggunaan fasilitas pembiayaan beberapa bank oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Waskita Beton Precast Tbk.

Kuntadi menjelaskan perbuatan melawan hukum yang dilakukan tersangka adalah menyetujui pencairan dana "Supply Chain Financing" (SCF) dengan dokumen pendukung palsu. Untuk menutupi perbuatannya, Bambag membuat kegiatan fiktif.

"Guna menutupi perbuatannya, dengan dalih seolah-olah dipergunakan untuk pembayaran utang vendor yang belakangan kegiatan tersebut kami ketahui fiktif sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara," kata Kuntadi.

Seiring dengan kasus korupsi tersebut, harga saham waskita karya anjl0k 2,59% atau 12 poin menjadi Rp 374 per 10.00 WIB. Sementara saat pembukaan perdagangan, harga sahamnya Rp 380 per saham dan sempat menyentuh harga tertinggi di level Rp 390 per saham.

Berdasarkan data RTI, volume perdagangan saham WSKT pada pukul 10.00 WIB tercatat 11,93 juta dengan nilai transakai Rp 4,48 miliar. Adapun, frekuensi 3.992 kali. Sedangkan kapitalisasi pasar nya tercatat Rp 10,83 triliun.

 

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait