Solusi Kemasan Digital IPO, Tawarkan Harga Rp 110 - Rp 162 per Saham

Perolehan terbesar dana IPO Solusi Kemasan Digital akan digunakan untuk modal kerja.
Patricia Yashinta Desy Abigail
13 Januari 2023, 11:26
Solusi Kemasan Digital IPO, Tawarkan Harga Rp 110 - Rp 162 per Saham
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK) akan melantai di BEI pada Februari mendatang.

Perusahaan di bidang industri percetakan digital untuk kemasan, PT Solusi Kemasan Digital Tbk. (PACK) akan melantai di bursa saham pada Februari mendatang. Perseroan menawarkan 308 juta saham baru atau setara 20,30% dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan saat penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Menurut prospektus yang dipublikasikan, perusahaan menetapkan nilai nominal Rp 10 per saham dan harga penawaran dipasang Rp 110 sampai Rp 162 setiap saham. Dari hasil IPO, perusahaan akan meraup dana segar hingga Rp 49,89 miliar. 

Masa penawaraan umum dilaksanakan pada 31 Januari 2023 sampai 2 Februari 2023. Perseroan menunjuk PT NH Korindo Sekuritas Indonesia selaku penjamin efek dan penjamin emisi efek dalam rangka penawaran umum. 

Perusahaan akan menggunakan 21% dana IPO untuk belanja modal atau capital expenditure (capex) guna pengembangan sistem informasi dan teknologi FlexyPack System 2.0 dengan jangka waktu empat tahun.

Sisanya sekitar 79% akan digunakan untuk modal kerja. Adapun rinciannya, sekitar 19% akan digunakan untuk biaya pemasaran dan promosi. Serta sekitar 60% digunakan untuk keperluan modal kerja seperti bahan baku produksi.

Seiring dengan penawaran saham, perusahaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 61,60 Waran Seri I. Setiap satu Waran Seri I yang dimiliki menjadi satu saham baru Solusi Kemasan Digital dengan nilai nominal Rp 10. Persentase Waran Seri I terhadap keseluruhan jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh sebanyak yaitu 5,01%.

Adapun, dana yang diperoleh dari pelaksanaan Waran Seri I, seluruhnya akan digunakan perseroan untuk modal kerja yaitu untuk pembelian bahan baku produksi dan biaya pemasaran dan promo.

PT Solusi Kemasan Digital pada didirikan pada November 2019. Kegiatan usahanya yaitu perdagangan eceran pembungkus dari plastik dan industri batang dari plastik untuk pengemasan. Selain itu portal web serta platform digital dengan tujuan komersial, serta industri percetakan umum.

Berikut jadwal sementara penawaran umum Solusi Kemasan Digital: 

  • Masa Penawaran Awal (Book building) : 12 Januari 2023 – 17 Januari 2023
  • Perkiraan Tanggal Efektif : 27 Januari 2023
  • Perkiraan Masa Penawaran Umum Perdana Saham : 31 Januari 2023 – 2 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Penjatahan : 2 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Distribusi : 3 Februari 2023
  • Perkiraan Tanggal Pencatatan di Bursa Efek Indonesia : 6 Februari 2023

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait