Semakin banyak startup dan perusahaan digital yang menyasar produk dan layanan syariah. Tak hanya menjajakan  barang halal di lapak e-commerce, perusahaan digital juga menyediakan aneka layanan hingga produk investasi untuk kaum muslim. Hal ini sejalan dengan besarnya potensi pasar syariah di Indonesia.

Berniat mengajak ibunya ke Tanah Suci tahun depan, Ahmad Hanif (32 tahun) mulai mencari paket umrah secara online. Bekerja di sebuah bank pelat merah, ia mengaku kerepotan jika harus mendatangi satu per satu biro perjalanan umroh hanya untuk membandingkan harga dan paket yang ditawarkan.

Advertisement

Salah satu laman yang ia kunjungi adalah Tokopedia Salam. Ia cukup tertarik karena selain harga paket yang cukup kompetitif, ada banyak penawaran lain terkait pencariannya. Dari mulai perlengkapan ihram, souvenir, hingga berbagai tips umroh untuk pemula. “Ibaratnya one stop shopping, semua yang diperlukan untuk umrah ada di sana,” katanya di Jakarta, Rabu (6/11) di Jakarta.  

Tokopedia Salam adalah fitur khusus untuk masyarakat muslim yang dirilis Tokopedia pada Senin (4/11) lalu. Fitur ini menyediakan beragam produk makanan dan minuman halal, busana muslim, hingga paket perjalanan umrah. Tak hanya belanja, investasi syariah hingga donasi dan zakat pun bisa dilakukan di kanal ini. 

Total, ada 21 juta produk barang dan jasa yang dikurasi khusus untuk membidik konsumen muslim di Tokopedia Salam. Peluncuran kanal ini didasari riset internal yang menyebut, ada lebih dari 80% pengguna Tokopedia yang membeli  makanan berlabel halal di platform-nya. Selain itu, lebih dari 85% pengguna juga berbelanja fesyen muslim.

Indonesia memang negara muslim terbesar dunia. Berdasarkan data Globalreligiusfuture, penduduk Indonesia yang beragama Islam pada 2010 mencapai 209,12 juta jiwa atau sekitar 87% dari total populasi, berikut grafiknya:

“Melihat adanya kebutuhan tersebut, Tokopedia Salam diluncurkan sebagai inisiatif Tokopedia untuk memudahkan masyarakat memenuhi beragam kebutuhan dengan berbagai produk dan layanan yang baik dan tersedia secara lebih lengkap, mudah dan amanah,” kata Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda.

Untuk menyediakan layanan ini, Tokopedia bekerja sama dengan sekitar 700 mitra penjual. Di antara brand makanan, minuman, fesyen dan kecantikan yang tersedia adalah, Wardah, Ria Miranda, Zoya, SAYEE, dan lainnya.

Selain itu, Tokopedia bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan seperti NU Care-LAZISNU, Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Baznas, dan mitra lainnya untuk penyaluran zakat dan donasi.

Tak hanya itu, Tokopedia Salam menyediakan berbagai metode pembayaran seperti BRI Syariah, Bank Muamalat dan Mandiri Syariah. Tersedia pula layanan investasi seperti Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana Syariah.

“Kami berharap keberadaan Tokopedia Salam membantu siapa pun dari seluruh aspek dan kalangan masyarakat menemukan berbagai pilihan yang baik sekaligus mendukung pemerataan ekonomi syariah di Indonesia secara digital,” kata Garri.

(Baca: Gandeng Tokopedia, BRI Jual 200 Produk Halal Lewat Halal Mall)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement