Efek Impor Cina Naik, Harga Kedelai Global Terus Menanjak

Tia Dwitiani Komalasari
22 Maret 2022, 12:09
Pekerja menunjukkan kedelai impor yang harganya melambung di sentra industri tahu dan tempe Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta, Senin (21/2/2022). Ratusan pelaku industri setempat mengikuti aksi mogok produksi serentak yang dipicu melambungnya harga kedel
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Pekerja menunjukkan kedelai impor yang harganya melambung di sentra industri tahu dan tempe Kampung Rawa, Johar Baru, Jakarta, Senin (21/2/2022). Ratusan pelaku industri setempat mengikuti aksi mogok produksi serentak yang dipicu melambungnya harga kedelai impor (bahan baku tahu tempe) dari harga normal Rp9.500-10.000 per kilogram menjadi Rp12.000 per kilogram.

Harga kedelai terus menanjak dalam enam bulan terakhir. Berdasarkan data Business Insider, harga kedelai mencapai USS 17,11 per bushel, Selasa (22/3). Angka tersebut menyamai harga yang dicetak pada September 2012.

Lonjakan harga kedelai yang tinggi dipicu negara produsen mengalami penurunan produksi karena cuaca ekstrem. Di tengah pasokan yang berkurang, Argentina menahan  ekspor  lima juta ton minyak kedelai dan produk lainnya pada pekan lalu. Penahanan ekspor tersebut semakin mengguncang pasar kedelai global yang mengalami kenaikan sejak invasi Rusia ke Ukraina.

Pedagang kedelai mengatakan, penghentian ekspor Argentina secara tiba-tiba tersebut membuat importir akan mencari pasokan pengganti ke Amerika Serikat (AS) dan Brasil. "Pembeli tidak punya pilihan selain mengurangi konsumsi atau pergi ke sumber pasokan alternatif," kata  seorang pedagang yang berbasis di Singapura dikutip dari Reuters, Selasa (22/3).

Penyumbang kenaikan harga juga datang dari permintaan kedelai yang meningkat dari  Cina. Negeri Panda merestruktrisasi industri peternakan yang menyebabkan permintaan impor kedelai dari Amerika latin bertambah.

Berdasarkan data Bea Cukai Cina, impor kedelai dari Brasil naik signifikan dalam dua bulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pembeli kedelai terbesar dunia, Cina membawa 3,51 juta ton minyak biji-bijian dari Brasil, naik 241% dari 1,03 juta ton pada tahun sebelumnya. Selain dari Brasil, Cina juga impor 10,04 juta ton kedelai dari Amerika Serikat pada kurun waktu yang sama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...