Lima Konglomerat Indonesia yang Panen Berkah dari Bisnis Minyak Goreng

Tia Dwitiani Komalasari
28 Maret 2022, 16:25
minyak goreng, minyak sawit
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/YU
Pekerja menaikkan buah kelapa sawit baru panen yang akan diolah menjadi minyak goreng di kawasan perkebunan sawit di Desa Berkat, Bodong-Bodong, Mamuju Tengah, Sulawesi Barat, Kamis (10/3/2022).

Indonesia merupakan negara eksportir kelapa sawit terbesar di dunia yang salah satu produknya adalah minyak goreng. Menurut data Kementerian Pertanian, total nilai ekspor kelapa sawit dari Indonesia mencapai US$ 17,36 miliar pada 2020.

Angka tersebut memberikan kontribusi sebesar 53,46% dari total nilai ekspor kelapa sawit global yang mencapai US$32,48 miliar pada 2020. Malaysia berada di bawah Indonesia sebagai eksportir kelapa sawit terbesar. Negeri Jiran tersebut mencatatkan nilai ekspor US$9,78 miliar atau 30,12% dari total nilai ekspor global.

Adapun kontribusi negara-negara eksportir lainnya sangat kecil dibanding Indonesia dan Malaysia. Nilai ekspor kelapa sawit Belanda hanya US$1,04 miliar (3,2%), Papua Nugini US$481,1 juta (1,48%), dan Guatemala US$465,7 juta (1,43%). Sedangkan nilai ekspor kelapa sawit dari Kolumbia tercatat sebesar US$ 406,3 ribu (1,25%), dan gabungan negara-negara lainnya US$2,9 miliar (9,05%).

Besarnya ekspor CPO dari Indonesia menguntungkan bagi para pelaku usaha minyak sawit di Indonesia. Alhasil banyak orang terkaya di Indonesia yang berasal dari sektor ini.

Berikut deretan pengusaha minyak goreng Indonesia dan juga jumlah harta kekayaannya versi Forbes :

1. Keluarga Widjaya (Sinar Mas Group) – Rp 139,2 Triliun

Keluarga Widjaya berada di urutan kedua pada daftar “50 Orang Terkaya di Indonesia” versi Forbes 2021. Kekayaan keluarga Widjaya diperkirakan mencapai US$9,7 miliar. Nilai ini setara Rp139,2 triliun (kurs US$ 1= Rp 14.359).

Keluarga Widjaja mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja yang meninggal Januari 2019 pada usia 98 tahun. Eka Tjipta Widjaja merupakan imigran Cina yang datang ke Indonesia pada 1932, dan memulai usahanya dengan menjual biskuit saat remaja di Makassar, Sulawesi Selatan.

Usahanya berkembang dan mendirikan Sinar Mas Group yang menjadi produsen minyak goreng terbesar di Indonesia dengan merek Filma. Selain itu, Sinar Mas Group tercatat memiliki perusahaan penghasil kelapa sawit terbesar dunia, Golden Agri-Resources, dengan kepemilikan saham mayoritas. Mereka juga menguasai mayoritas saham Sinar Mas Multiartha. 

Keluarga Widjaja memiliki bisnis yang bergerak di bidang properti, yakni Sinarmas Land, Bumi Serpong Damai, Duta Pertiwi, Indah Kiat Pulp & Paper, Pabrik Kertas Tjiwi Kimia, pembangkit tenaga listrik, tambang batu bara, serta telekomunikasi melalui Smartfren Telecom. Perusahaan properti yang dimilikinya menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

2. Anthony Salim – Rp 122,05 Triliun

Anthony Salim merupakan pemilik dari Indofood yang menghasilkan berbagai makanan kemasan, termasuk diantaranya Indomie. Pria ini juga memiliki bisnis minyak goreng seperti Bimoli, Delima, dan Happy melalui Indofood Agri Resources Ltd.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...