Indonesia Satu-satunya Negara G20 yang Konsumsi Minyak Goreng Curah

Andi M. Arief
30 Maret 2022, 15:54
Sejumlah warga antre membeli minyak goreng curah di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (28/3/2022).
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/wsj.
Sejumlah warga antre membeli minyak goreng curah di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Senin (28/3/2022).

Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) menyatakan Indonesia merupakan satu-satunya negara anggota G20 yang masih mengonsumsi minyak goreng sawit curah. Ada dua negara lain yang mengonsumsi minyak goreng curah di dunia selain Indonesia, yakni Bangladesh dan satu negara di Benua Afrika. Namun, dua negara itu tidak termasuk anggota G20.

Direktur Eksekutif GIMNI Sahat Sinaga mengatakan penjualan minyak goreng curah berbahaya. Alasannya minyak jelantah berpotensi dijual kembali sebagai migor curah. 

"BPJS kita bisa turun harusnya kalau tidak konsumsi minyak goreng jelantah. Penyakit cardiovascular bisa berasal dari minyak goreng jelantah yang dikemas kembali," kata Sahat dalam rapat dengar pendapat umum bersama Komisi IV DPR, Rabu (30/3). 

Secara umum, minyak goreng curah memiliki kualitas paling rendah dibandingkan dengan minyak goreng kemasan. Minyak goreng curah hanya melalui satu kali penyaringan, sedangkan minyak goreng kemasan melalui dua kali penyaringan dan ditambahkan vitamin.

Untuk konsumsi minyak goreng kemasan sederhana maupun premium pun perlu berhati-hati. Pasalnya, Sahat menduga ada oknum yang mengemas kembali minyak goreng curah sebagai kemasan sederhana maupun premium.

Maka dari itu, Sahat mengusulkan agar masyarakat memeriksa beberapa kelengkapan yang tertera di minyak goreng kemasan, seperti logo SNI, barcode, dan nomor registrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Secara visual, minyak goreng curah itu kalau agak dingin sedikit langsung berkabut," kata Sahat.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...