Anggota DPR Minta Kemendag Ungkap Enam Penguasa Industri Minyak Goreng

Andi M. Arief
31 Maret 2022, 19:19
Pekerja mengontrol kualitas kemasan minyak goreng di dalam pabrik pengolahan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) PT Berkah Sumber Emas Terang disela pantauan Tim Satgas Pangan Polda Jawa Tengah dan Forkopimda Kota Semarang di Semarang, Jawa Tengah, Selas
ANTARA FOTO/Aji Styawan/tom.
Pekerja mengontrol kualitas kemasan minyak goreng di dalam pabrik pengolahan minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) PT Berkah Sumber Emas Terang disela pantauan Tim Satgas Pangan Polda Jawa Tengah dan Forkopimda Kota Semarang di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (29/3/2022). Dalam kunjungan itu Satgas Pangan Polda Jateng bersama Forkopimda Kota Semarang memantau serta mengamankan alur distribusi minyak goreng dari pabrik hingga pemasaran guna mengamankan stok jelang bulan Ramadhan.

Kementerian Perdagangan diminta membuka daftar perusahaan yang memiliki bisnis minyak goreng sekaligus perkebunan kelapa sawit. Anggota Komisi VI DPR Rieke Diah Pitaloka mengindikasikan ada enam perusahaan terindikasi menguasai industri minyak goreng.

 “Karena ini jadi penting. Saya tidak tahu data KPPU sama atau tidak. Menurut saya terindikasi ada monopoli di enam perusahaan besar. Ini indikasi saja, bisa diverifikasi,”kata Rieke saat saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kamis (31/3).

Rieke mengatakan keenam perusahaan minyak goreng tersebut memiliki pangsa pasar hingga 73,73% pada 2019. Seluruh perusahaan tersebut terintegrasi dengan perkebunan kelapa sawit dengan total luas lahan 1,36 juta hektar.

"Satu perusahaan lagi dimiliki PTPN III dan PTPN IV, tapi pangsa pasar minyak goreng hanya 2,4% dengan luas lahan 57.634 hektar," kata Rieke saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Kamis (31/3).

Keenam perusahaan yang dicatat Rieke adalah:

1. Royal Golden Eagle International Group

Pangsa pasar: 19,33%

Luas lahan: 161.980 hektar

 2. Wilmar Group 

Pangsa pasar: 15,03%

Luas lahan: 502.847 hektar

3. Sinar Mas Group

Pangsa pasar: 14,33%

Luas lahan: 163.155 hektar

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...