Jalur Kereta Api Bogor-Sukabumi Beroperasi Lagi Mulai Pekan Depan

Tia Dwitiani Komalasari
3 April 2022, 19:37
Dua anak berjalan di proyek pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/2/2022).
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/rwa.
Dua anak berjalan di proyek pembangunan jalur ganda rel kereta api Bogor-Sukabumi di Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/2/2022).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan jalur kereta api Bogor-Sukabumi segera dibuka untuk melayani penumpang. Dengan demikian, jalur kereta api Bogor-Sukabumi  dapat digunakan untuk angkutan mudik lebaran 2022.

Menhub Budi Karya mengatakan, kedua daerah memiliki sejarah yang panjang mengenai sosial budaya maupun konektifitas ekonomi.

"Saya pastikan akhir minggu ini, warga Bogor sudah bisa jalan-jalan ke Sukabumi dengan kereta yang lebih cepat dan kereta yang lebih banyak," ujar Budi Karya saat menjajal jalur kereta Bogor-Sukabumi dari Stasiun Paledang, Minggu (3/4).

Budi mengatakan jalur kereta Bogor-Sukabumi bukan hanya akan melayani angkutan orang, namun juga barang-barang sehingga aktivitas ekonomi kembali menggeliat di kedua daerah.

Selain itu, Kementerian Perhubungan akan menggandeng Pemerintah Kota Bogor dan Pemerintah Kota Sukabumi untuk mengembangkan area stasiun. Dengan demikian, jalur kereta api ini terhubung dengan tempat-tempat wisata dan perdagangan.

Dalam konsep pengembangan sektor wisata, Budi mendukung nilai-nilai sejarah yang akan dipertahankan kedua daerah. Mulai dari hulu, sekitar stasiun Batutulis akan mengembangkan wisata sejarah dan potensi-potensi di area Stasiun Cicurug.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...