Harga Minyak Goreng Curah di Atas HET, Anggota DPR Desak Atasi Mafia

Tia Dwitiani Komalasari
5 April 2022, 12:30
Warga antre membeli minyak goreng curah dalam Pasar Murah Festival Ramadhan di halaman Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Bali, Kamis (31/3/2022).
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/tom.
Warga antre membeli minyak goreng curah dalam Pasar Murah Festival Ramadhan di halaman Masjid Baitul Makmur, Denpasar, Bali, Kamis (31/3/2022).

Harga rata-rata minyak goreng curah nasional  masih di atas Harga Eceran Tetap (HET) Rp 15.500 per kilogram (kg).  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat meminta pemerintah serius mengusut dugaan mafia minyak goreng, termasuk kemungkinan angka produksi fiktif yang dikeluarkan pengusaha nakal.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional yang dikutip Selasa (5/4), harga minyak gurang curah tertinggi yang terdata berada di Maluku Utara senilai Rp 26.000 per kg. Sementara harga minyak goreng curah DKI Jakarta Rp 22.850 per kg, Jawa Barat R p22.950 per kg, dan Jawa Timur Rp 20.750 per kg.

Advertisement

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengatakan harga minyak goreng curah sama sekali belum terkendali. Padahal sebelumnya, Menteri Perindustrian berjani akan menuntaskan masalah harga minyak goreng paling lambat 4 April 2022 atau di awal Ramadan. Dia meminta Menteri Perindustrian memohon maaf kepada publik atas kinerjanya yang belum dapat menepati janji. 

"Untuk kesekian kalinya janji Menperin kembali diingkari. Terbukti, tanggal 4 April, sesuai waktu yang dijanjikan, migor curah tidak aman terkendali,” ujar Mulyanto, melalui pernyataan tertulis, Rabu (5/4).

Harga yang tinggi tersebut sekaligus mengindikasikan bahwa pemerintah tidak mampu mengatasi ulah mafia atau para pengusaha minyak goreng. Menurut Mulyanto, bisa jadi angka-angka produksi yang disampaikan pengusaha nakal hanya fiktif belaka. Sementara dana subsidi yang dipakai untuk menutupi harga keekonomian tersebut menguap. Kalau ini yang terjadi, penyelewengan dana subsidi itu telah merugikan keuangan negara dan pantas diusut tuntas.

"Bila tidak, maka kita akan terus menjadi bulan-bulanan permainan pengusaha nakal migor.  Pemerintah terkesan disandera oleh para mafia ini, dan tidak mampu berbuat apa-apa untuk menekan harga migor di bawah HET," kata Mulyanto.

Dia menambahkan, program Bantuan Langsung Tunai minyak goreng semakin menegaskan bahwa intervensi kebijakan pemerintah soal HET terbukti mandul.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement