Diduga Tercemar Salmonella, Cokelat Kinder Joy Dihentikan Peredarannya

Tia Dwitiani Komalasari
11 April 2022, 15:40
bpom
Reuters/Caren Firouz
Produk Kinder Surprise yang dijual di Inggris dan Uni Eropa.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI menghentikan sementara peredaran produk cokelat merk Kinder Joy untuk memeriksa uji laboratorium terkait potensi pencemaran bakteri Salmonella. Keputusan ini terkait dengan penarikan produk Kinder di Inggris dan beberapa negara eropa.

“Badan POM akan menghentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung cemaran bakteri Salmonella,” tulis keterangan yang tercantum dalam situs resmi BPOM RI dikutip Senin (11/4).

Pada 2 April 2022, Food Standard Agency (FSA) Inggris menerbitkan peringatan publik terkait penarikan secara sukarela produk cokelat merek Kinder Surprise karena diduga terkontaminasi bakteri Salmonella (non-thypoid). Korban yang terdampak sebanyak 63 anak-anak dengan gejala ringan yaitu diare, demam, dan kram perut. Tidak tercatat ada kematian akibat pencemaran bakteri tersebut.

Produk yang ditarik adalah cokelat merek Kinder Surprise dalam kemasan tunggal 20 gram dan kemasan isi 3 @20 gram, dengan batas tanggal kedaluwarsa sampai dengan 7 Oktober 2022.

Untuk kehati-hatian, penarikan produk diperluas dengan menambahkan beberapa varian, yaitu produk merek Kinder Surprise kemasan 100 gram, Kinder Mini Eggs kemasan 75 gram, Kinder Egg Hunt Kit kemasan 150 gram, dan Kinder Schokobons kemasan 200 gram dengan tanggal kedaluwarsa 20 April 2022 – 21 Agustus 2022. Semua produk cokelat Kinder tersebut diproduksi oleh Ferrero N.V/S.A di Belgia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...