Bulog Impor 36.000 Ton Daging Kerbau, Tiba di Indonesia Jelang Lebaran

Andi M. Arief
14 April 2022, 20:01
Pedagang daging sapi melayani pembeli di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (2/4/2022).
ANTARA FOTO/Siswowidodo/foc.
Pedagang daging sapi melayani pembeli di Pasar Besar Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu (2/4/2022).

Perum Bulog kembali mengimpor 36.ooo ton daging kerbau beku dari India. Impor daging  kerbau itu rencananya akan tiba di Indonesia jelang lebaran untuk membantu menstabilkan harga daging sapi.

"Untuk itu saya memantau langsung kedatangan daging impor oleh Bulog ini. Saya juga minta untuk bisa langsung didistribusikan dan diprioritaskan untuk konsumen langsung”, kata Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau biasa dipanggil Buwas dalam keterangan resmi, Kamis (14/4). 

Advertisement

Pemerintah telah menugaskan Bulog untuk mengimpor daging kerbau beku sebanyak 100.000 ton sepanjang 2022. Tujuan impor tersebut adalah menjadi daging alternatif dan menjaga stabilisasi harga daging. Sebelumnya, Bulog telah melaksanakan sebagian penugasan impor daging kerbau sebanyak 20.000 ton pada akhir Kuartal I-2022. 

 "Masing-masing wilayah yang sudah menerima daging tersebut juga sudah melakukan operasi pasar daging kerbau beku agar masyarakat mendapatkan langsung dengan harga terjangkau”, kata Buwas. 

Kepala Badan Pangan Nasional (BPN), Arief Prasetyo Adi, meramalkan daging kerbau impor akan dijual di bawah Rp 100.000 per Kg di pasar tradisional.  Impor tersebut diharapkan dapat menekan kenaikan harga daging sapi yang saat ini mencapai Rp 130.000 - Rp 140.000 per kilogram (kg). Salah satu pendorong naiknya harga tersebut adalah menipisnya pasokan daging beku yang menjadi penyangga ketersediaan daging segar.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement