Importir Sawit Terbesar, India Kaget RI Setop Ekspor CPO

Tia Dwitiani Komalasari
23 April 2022, 13:43
Pekerja menimbang tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Bram Itam, Tanjungjabung Barat, Jambi, Selasa (15/3/2022).
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/tom.
Pekerja menimbang tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Bram Itam, Tanjungjabung Barat, Jambi, Selasa (15/3/2022).

Keputusan pemerintah Indonesia melarang bahan baku minyak goreng dinilai merugikan negara-negara importir komoditas tersebut. Salah satunya adalah India yang menjadi  salah satu negara importir terbesar minyak sawit mentah (crude palm oil atau CPO) dari Indonesia.

"Langkah ini agak disayangkan dan sama sekali tidak terduga," kata Atul Chaturved, President of Trade Body the Solvent Extractors Association of India, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (23/4).

Chaturved mengatakan, kebijakan ini juga akan merugikan negara importir lain sebagai konsumen Indonesia.  Larangan bahan baku minyak goreng dari Indonesia menyebabkan pasokan global berkurang signifikan sehingga mendongkrak harga minyak nabati dunia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang ekspor bahan baku minyak goreng mulai Kamis (28/4). Kebijakan ini berlaku hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Jokowi mengatakan, tujuan kebijakan ini adalah untuk menuhi pasokan serta menekan harga minyak goreng dalam negeri. Keputusan larangan ekspor bahan baku minyak goreng ini diambil dalam rapat kabinet tentang pemenuhan kebutuhan pokok rakyat, terutama ketersediaan minyak goreng di dalam negeri.     

“Saya akan terus memantau kebijakan ini agar minyak goreng melimpah dan harga terjangkau," kata Jokowi dalam konferensi pers, Jumat (24/4).

Berdasarkan data Indexmundi.com, Indonesia merupakan produsen CPO terbesar dunia. Produksi CPO Indonesia mencapai 44,5 juta ton pada 2021. Sementara di posisi selanjutnya adalah Malaysia 18,7 juta ton; Thailand 3,12 juta ton; Kolombia 1,65 juta ton; dan Nigeria 1,4 juta ton.

Badan Pusat Statistik mencatat Tiongkok dan India merupakan pangsa pasar terbesar ekspor minyak sawit nasional. Ekspor CPO ke kedua negara tersebut mencapai 29% dari total nilai ekspor sawit Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...