Jalur Mudik 2022, Sebagian Tol Trans Sumatera Masih Kurang Nyaman

Andi M. Arief
26 April 2022, 17:10
Sejumlah kendaraan melaju di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (13/4/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.
Sejumlah kendaraan melaju di simpang susun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Kayu Agung-Palembang di Desa Ibul Besar III, Pemulutan, Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Rabu (13/4/2022).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan pemudik dari Jawa menuju Palembang dapat menikmati fasilitas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Namun, pemudik diperingatkan untuk tetap menjaga kecepatan maksimum karena ada sebagian jalan tol yang masih harus direkonstruksi lagi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemudik dapat melintasi Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan kecepatan maksimum 100 kilometer (Km) per jam. Namun, Basuki mengingatkan agar kecepatan maksimum pada Tol Terbanggi Besar-Kayu Agung hingga Palembang hanya mencapai 80 Km per jam. 

"Meskipun sudah aman tidak berlubang, tapi masih kurang nyaman kondisi jalannya, masih ada beberapa ruas yang akan kita rekonstruksi setelah Lebaran 2022," kata Basuki dalam keterangan resmi, Selasa (26/4). 

 Sebagai informasi, pemudik yang menuju Palembang setidaknya akan melalui tiga ruas tol di Pulau Sumatra, yakni Bakauheni - Terbanggi Besar, Terbanggi Besar - Kayu Agung, dan Kramasan - Palembang. Total ketiga ruas tersebut mencapai 376 Km. 

Di sisi lain, Basuki mengatakan perbaikan Jalan Nasional Lintas Timur (Jalintim) di Sumatera Selatan telah rampung dan siap dilintasi. Jalan Nasional Lintas Timur di Sumatra Selatan memiliki panjang  29,87 Km. 

Perbaikan jalan nasional ini seharusnya rampung pada kuartal III-2023. Proyek ini dikerjakan oleh perusahaan patungan antara PT Adhi Karya (Persero) dan PT Brantas Abipraya (Persero), yakni PT Jalintim Adhi Abipraya (JAA).

"Untuk perbaikan 150 lubang yang ada sekarang sudah selesai," kata Basuki. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...