Tiga BUMN Akan Distribusikan Minyak Goreng Curah ke 23 Juta Keluarga

Andi M. Arief
10 Mei 2022, 16:59
Warga menderetkan jerigen saat mengantre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu distributor di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). Warga setempat lebih memilih membeli minyak goreng curah seharga Rp15.500 per kilogram meskipun harus m
ANTARA FOTO/Arnas Padda/nym.
Warga menderetkan jerigen saat mengantre untuk membeli minyak goreng curah di salah satu distributor di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/4/2022). Warga setempat lebih memilih membeli minyak goreng curah seharga Rp15.500 per kilogram meskipun harus mengantre serta menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) daripada membeli minyak goreng kemasan yang harganya mahal.

PT BGR Logistik Indonesia akan membantu Bulog untuk mendistribusikan minyak goreng curah bersubsidi ke 23 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Cucu usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia atau ID Food itu akan menyalurkan sebesar 46 juta liter minyak goreng curah setiap bulan, sehingga setiap keluarga bisa mendapatkan jatah dua liter.

"Tapi ini baru pengajuan dan masih dalam pembahasan,"kata Direktur Utama ID FOOD Frans Marganda Tambunan kepada Katadata.co.id, Selasa (10/5). 

Dia mengatakan, tidak semua orang bisa membeli minyak goreng curah bersubsidi seharga Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (Kg) dari Bulog.  Perusahaan pelat merah itu hanya akan menjual minyak goreng curah bersubsidi pada 23 juta kepala keluarga (KK) yang tergabung dalam daftar Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

"Keluarga penerima manfaat itu tetap membeli, bukan gratis. Beli di Rp 14.000 per liter," kata Frans.

Bulog akan menerima minyak goreng curah bersubsidi dari produsen. PT BGR Logistik Indonesia kemudian akan mendistribusikan minyak goreng curah tersebut dibantu oleh PT Pos Indonesia.

Frans mengatakan, minyak goreng curah yang dibeli KPM akan dikemas sederhana. Pengemasan bertujuan untuk memudahkan distribusi oleh Pos Indonesia dan BGR Logistik. 

Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan, Bulog tidak memiliki fasilitas untuk mengemas minyak goreng. Dengan demikian, pihaknya akan mendapatkan minyak goreng curah yang sudah dikemas oleh produsen. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...