Bulog Telah Salurkan 1,5 Juta Liter Minyak Goreng Curah Sesuai HET

Andi M. Arief
10 Mei 2022, 17:31
Petugas melayani warga saat Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Gedung Serbaguna Pemkab Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (28/4/2022). Operasi pasar yang digagas oleh Bulog D.I Yogyakarta dan Pemda Sleman tersebut menyediakan minyak goreng curah sebanyak 6.0
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.
Petugas melayani warga saat Operasi Pasar Minyak Goreng Curah di Gedung Serbaguna Pemkab Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (28/4/2022). Operasi pasar yang digagas oleh Bulog D.I Yogyakarta dan Pemda Sleman tersebut menyediakan minyak goreng curah sebanyak 6.000 liter dengan harga Rp15.500 per kg guna mencukupi kebutuhan masyarakat, usaha mikro serta usaha kecil.

Perum Bulog telah menyalurkan 1,5 juta liter minyak goreng sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter atau Rp 15.500 per kilogram (Kg) selama tiga minggu terakhir. Namun demikian, penyaluran tersebut bukan termasuk dalam program minyak goreng curah bersubsidi.

Direktur Bisnis Bulog Febby Novita mengatakan, penyaluran tersebut merupakan hasil skema bussiness-to-bussiness (B2B) atau skema komersial. Penyaluran yang telah dilakukan Bulog, bukan penugasan hasil dari larangan ekspor minyak sawit mentah (CPO) dan sebagian turunannya. 

"Itu dijual ke pengecer langsung dan baru dibuka kemarin, dua minggu sebelum lebaran," kata Febby di Jakarta, Selasa (10/5). 

Febby mengatakan, pihaknya baru mampu menyalurkan minyak goreng curah tersebut ke seluruh Pulau Jawa, sebagian Pulau Sumatra, dan sebagian Pulau Sulawesi. Namun, Bulog belum menyalurkan minyak goreng curah hasil skema B2B tersebut ke Pulau Kalimantan karena tidak sesuai dengan skala keekonomian perseroan. 

Pasalnya, kata Febby, penyaluran minyak goreng curah dengan skema B2B tersebut tidak boleh menghasilkan rugi. Namun demikian, Bulog juga tidak mengambil keuntungan sama sekali dari penyaluran minyak goreng curah tersebut. 

Menurut Febby, penugasan oleh pemerintah penting agar wilayah dengan biaya logistik tinggi dapat terjangkau. Beberapa wilayah tersebut misalnya Pulau Nias, Kepulauan Riau, dan Pulau Kalimantan. 

"Distribusi minyak goreng curah dengan skema B2B ke Kalimantan, di data saya, ongkosnya masih nggak dapet," kata Febby. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...