Air products Cairkan Investasi Rp 102 T di Industri Hilir Batu Bara

Andi M. Arief
13 Mei 2022, 10:41
Pekerja dibantu alat berat memulai pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) di Kawasan Industri Tanjung Enim, Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022).
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.
Pekerja dibantu alat berat memulai pembangunan proyek hilirisasi batu bara menjadi Dimetil Eter (DME) di Kawasan Industri Tanjung Enim, Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Muara Enim, Sumatera Selatan, Senin (24/1/2022).

Air Products and Chemicals, Inc sedang membangun tiga fasilitas produksi turunan gasifikasi batu bara di Indonesia yakni Dimethyl Ether (DME) di Tanjung Enim, Methanol di Balongan, dan Methanol di Cepu. Ketiga fasilitas produksi tersebut merupakan wujud pencairan investasi tahap pertama Air Products senilai US$ 7 miliar atau setara Rp 102,2 triliun.

Sementara total investasi  Air Producst di Indonesia rencananya mencapai US$ 15 miliar atau setara Rp 219,1 triliun. Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menekankan, fasilitas produksi DME penting direalisasikan untuk mengurangi impor Liquefied petroleum gas (LPG) hingga 7 ton per tahun.

Advertisement

Badan Pusat Statistik (BPS) mendata impor LPG mencapai  US$ 4,09 miliar pada 2021. Angka itu naik  58,5% jika dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai US$ 2,58 miliar. 

"Investasi Air Products di Indonesia harus segera dieksekusi, karena uangnya ada, proyeknya sudah ada. Sekarang saya pulang, harus mengawal ini supaya targetnya tercapai," kata Bahlil di akun resmi Sekretariat Negara, Kamis (12/5). 

Air Products masih memiliki komitmen investasi senilai US$ 8 miliar di Indonesia.  Perusahaan Amerika Serikat tersebut rencananya akan membangun fasilitas produksi hidrogen di beberapa bendungan milik pemerintah Indonesia. 

Selain itu, Bahlil menyampaikan, Air Products sedang mendiskusikan kemungkinan investasi di industri petrokimia terintegrasi. Pembangunan industri di sektor hilir diharapkan dapat memenuhi kebutuhan petrokimia dan turunannya di dalam negeri. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement