Jumlah Kendaraan Mudik Melalui Tol Trans Sumatra Naik Signifikan

Andi M. Arief
17 Mei 2022, 18:50
Ratusan pemudik bersepeda motor keluar dari kapal Ferry di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (8/5/2022). Pada puncak arus balik H+5 lebaran, ribuan pemudik dari pulau Sumatera sudah mulai kembali ke pulau Jawa dengan tujuan Jakarta, Bogor, Dep
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/aww.
Ratusan pemudik bersepeda motor keluar dari kapal Ferry di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, Minggu (8/5/2022). Pada puncak arus balik H+5 lebaran, ribuan pemudik dari pulau Sumatera sudah mulai kembali ke pulau Jawa dengan tujuan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan ada perubahan pergerakan masyarakat mudik pada 2022. Masyarakat kini lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi menuju Pulau Sumatra dibandingkan ke arah timur Pulau Jawa. 

Kemenhub mendata jumlah kendaraan yang menuju Pulau Emas melalui jalan tol naik 17,2% menjadi 577.697 kendaraan dibandingkan realisasi 2019 sebanyak 492.777 kendaraan pada musim Mudik Lebaran 2022. Sementara itu, jumlah kendaraan dari Jabodetabek ke arah timur Pulau Jawa tercatat turun tipis 0,34% menjadi 1,16 juta kendaraan. 

"Sekarang, istilah mudik dari kota-kota Jabodetabek ke luar mulai bias. Ternyata, banyak masyarakat ke luar Jabodetabek dan lanjut ke Sumatra," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, dalam konferensi pers virtual, Selasa (17/5).

Budi menambahkan, volume lalu lintas jalan tol menuju Pulau Sumatra akan tumbuh pada musim Mudik Lebaran 2023. Sejauh ini, Jaringan Tol Trans Sumatra (JTTS) telah menghubungkan Lampung sampai Palembang. 

Di bagian utara, JTTS telah menghubungkan DI Aceh dan Sumatra Utara. Budi menilai volume lalu lintas JTTS akan semakin bertambah saat infrastruktur itu telah berhasil menghubungkan Lampung dan Aceh. 

Budi mengatakan, kendaraan yang keluar daerah Jabodetabek ke arah selatan melalui jalan tol mencapai 412.398 atau naik 16,9% dibandingkan capaian 2019 sebanyak 352.839. Adapun puncak arus mudik tercatat terjadi pada 29 April dengan volume lalu lintas mencapai 226.615 kendaraan. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...