Jasa Marga Berlakukan Buka-Tutup Lajur Tol Japek Mulai 23 Mei

Image title
Oleh Antara
21 Mei 2022, 20:05
Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022). PT Jasa Marga Persero Tbk mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek (Jakarta Bogor Tangerang Bekasi) pada H-9 hari Raya Idul Fitri 1443 H
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.
Sejumlah kendaraan melintas di Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (24/4/2022). PT Jasa Marga Persero Tbk mencatat sebanyak 312.755 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek (Jakarta Bogor Tangerang Bekasi) pada H-9 hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) berkoordinasi dengan kepolisian menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi pekerjaan pengangkatan girder jembatan yang melintang di atas KM 5+450 ruas Tol Jakarta-Cikampek. Petugas akan memberlakukan buka-tutup lajur Tol Japek di sekitar lokasi tersebut pada pukul 22.00-04.00 mulai Senin (23/5).

"Karena pemasangan girder melintang di atas jalur utama jalan tol arah Jakarta, di setiap tahapan ini kami akan melakukan skema buka tutup lajur namun kami tegaskan, tidak ada penutupan di Tol Jakarta-Cikampek baik arah Jakarta maupun Cikampek," kata General Manager Representative Office 1 JTTRD Muhammad Taufik Akbar di Bekasi, Sabtu  (21/5).

Advertisement

Taufik menjelaskan, pekerjaan pengangkatan girder itu dijadwalkan dimulai Senin (23/5) pada periode window time pukul 22.00-04.00 WIB dengan tetap mempertimbangkan kondisi lalu lintas. Selama pekerjaan berlangsung, petugas akan mengatur lalu lintas di kedua arah dengan melakukan pengalihan lajur atau skema lawan arah secara situasional.

"Pengaturan lalu lintas ini untuk memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan saat melintas di sekitar lokasi pekerjaan," ujarnya.

Pihaknya bersama Highway Speed Railway Contractor Consortium (HSRCC) sebagai kontraktor pekerjaan ini juga menyiapkan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar. Petugas juga akan siaga mengatur lalu lintas serta memastikan tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan

Jasa Marga juga melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan serta Variable Message Sign di kedua arah jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini bertujuan agar informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

"Kami memohon maaf kepada pengguna jalan atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan pemasangan girder dimaksud. Kami mengimbau pengguna jalan mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," kata Taufik.

 Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati-hati dan menaati rambu-rambu, serta memantau kondisi lalu lintas perjalanan. Informasi lalu lintas di seputar jalan tol Jasa Marga Group dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 3.0.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) berhasil mencetak laba bersih pada tahun 2021 sebesar Rp1,62 triliun. Jumlah itu tumbuh 222% dibandingkan pada 2020 yang sebesar Rp501,05 miliar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement