Hewan Ternak Terinfeksi Wabah PMK Aman Dikonsumsi, Ini 4 Syaratnya

Tia Dwitiani Komalasari
25 Mei 2022, 10:41
Peternak meminumkan jamu tradisional berupa larutan kunyit dan temu hitam sebagai antibiotik alami serta penambah nafsu makan pada sapi peliharaannya di Peternakan Sari Rumput, Malang, Jawa Timur, Kamis (12/5/2022). Pemberian jamu tradisional tersebut dil
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/foc.
Peternak meminumkan jamu tradisional berupa larutan kunyit dan temu hitam sebagai antibiotik alami serta penambah nafsu makan pada sapi peliharaannya di Peternakan Sari Rumput, Malang, Jawa Timur, Kamis (12/5/2022). Pemberian jamu tradisional tersebut dilakukan setiap tiga hari sekali untuk memperkuat daya tahan tubuh sapi agar tidak terjangkit wabah penyakit kuku dan mulut (PMK).

Kementerian Pertanian mendata jumlah hewan ternak yang terdampak penyakit mulut dan kuku (PMK) per 22 Mei 2022 telah mencapai 5,45 juta ekor. Angka itu mencapai 39,4% dari total hewan ternak nasional pada akhir 2021. 

Hewan ternak terdampak wabah PMK itu berada di 82 kabupaten di 16 provinsi. Jumlah daerah yang terdampak wabah PMK tersebut melonjak dalam dua pekan terakhir. Pada 9 Mei 2022, Kementan hanya menetapkan 6 kabupaten di 2 provinsi yang terdampak PMK yaitu DI Aceh dan Jawa Timur.

Advertisement

Meskipun demikian, Direktur Kesehatan Hewan, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan, Ira Firgorita mengatakan, hewan PMK masih aman dikonsumsi. Sebab, wabah PMK tidak menular ke manusia.

“Pada saat terjadi wabah, ini akan menyebakan harga jual (hewan ternak) jadi murah. Yang bisa kita ambil hikmahnya, daging hewan ini masih dapat dikonsumsi manusia,” ujarnya Selasa (24/5).

Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar hewan yang terkena PMK aman dikonsumsi. Berikut syarat konsumsi hewan PMK seperti dihimpun oleh Katadata.co.id:

1. Sembuh setelah Dua Pekan

Kepala Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi (P3A) Serikat Petani Inodnesia, Qomarun Najmi, mengatakan hewan terjangkit PMK bisa sembuh melalui pengobatan. Masa pengobatan tersebut berlangsung selama dua pekan.

Namun demikian, peternak baru bisa memotong hewan yang terjangkit PMK jika kuku ternak sudah lepas.  Dia menegaskan, potensi penularan virus PMK dari hewan ke manusia sangat kecil.

2. Daging dimasak dulu

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement