Beroperasi Oktober, Jalur Kereta Api Sulawesi Terhubung ke Pelabuhan

Andi M. Arief
3 Juni 2022, 11:54
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.
Humas Kemenhub
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan sedang menyelesaikan konstruksi kereta api (KA) Makassar-Parepare Tahap I yaitu Maros-Barru Segmen III sepanjang 67,1 kilometer (Km). Penyelesaian konstruksi Segmen III akan menghubungkan Kabupaten Pangkep dan Kabupaten Maros. 

Saat ini progres konstruksi jalur KA di Kabupaten Maros telah menebus 84%, sedangkan di Kabupaten Pangkep mencapai 94%. Konstruksi Segmen III menjadi penting karena ada pembangunan siding track (jalur siding) yang menyediakan akses dari beberapa pusat produksi ke Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru. Jalur siding merupakan jalur belok berupa tambahan rel sehingga menjadi cabang dari rel utama.

Advertisement

Jalur siding untuk akses menuju stasiun pelabuhan terpadu di Garongkong dibangun sepanjang 4,7 km . Sementara jalur siding menuju Tonasa dibangun sepanjang 9,7 km oleh KPBU,” kata Kepala Balai Pengelola Kereta Api Sulawesi Selatan Kemenhub Andi Amanna Gappa dalam keterangan resmi, Kamis (2/6). 

 Gappa menyebutkan, salah satu komoditas yang dapat dikirimkan ke Pelabuhan dari Pangkep maupun Maros adalah semen. PT Semen Tonasa berlokasi di Pangkep, sedangkan PT Semen Bosowa bertempat di Maros. 

Gappa mendata potensi pengangkutan semen dari Tonasa dan Bosowa ke Pelabuhan Garongkong per Mei 2022. Menurutnya, potensi pengangkutan semen dari Tonasa mencapai 10.000 ton perbulan, sedangkan dari Bosowa mencapai 300.000 ton per bulan atau hampir 3,5 juta ton per tahun. 

Selain itu, Gappa menilai pembangunan jalur KA Maros-Barru dapat memaksimalkan potensi pariwisata di sepanjang jalur. Beberapa tempat wisata yang ada di Maros, Pangkep, dan Barru adalah Wisata Hutan magrove Dewi Biringkassi, Sirkuit Karaeng Mallombassang, dan Air Terjun Maremare. 

“Kawasan ini terkenal dengan wisata geopark, pantai, hingga kuliner yang sangat berpotensi menarik wisatawan jika terhubung dengan kereta api,” kata Gappa. 

KA Makassar-Parepare Tahap I Maros-Barru dijadwalkan beroperasi pada Oktober 2022 bagi penumpang maupun barang. Nantinya, penumpang dapat menaiki KA ini di Stasiun Barru hingga Stasiun Marros sepanjang 71 Km.

Sementara itu, KA ini akan melayani angkutan barang dari Stasiun Ramang-Raman di Maros hingga stasiun Garongkong di Barru sepanjang 80 Km. Selain terintegrasi dengan Pelabuhan Garongkong di Barru, KA Makassar-Pare-pare juga akan terintegrasi dengan Bandara Internasional Hasanuddin di Maros. 

Penyelesaian Segmen III akan menghubungkan Stasiun Rilau hingga Bandara Internasional Hasanuddin di Maros. "Mudah-mudahan pada tahun anggaran ini dapat diselesaikan dan segera dioperasikan agar dapat dilanjutkan dengan kegiatan pengadaan tanah untuk membangun jalur kereta api menuju Kota Makassar," kata Gappa. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement