Pemerintah Kembangkan Pariwisata di Sepanjang Jalur Kereta Sulawesi

Tia Dwitiani Komalasari
7 Juni 2022, 16:26
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan
Humas Kemenhub
Stasiun Kereta Api di Sulawesi Selatan

Pemerintah akan mengembangkan kawasan pariwisata di sepanjang jalur kereta api Trans Sulawesi. Pengembangan Kawasan pariwisata tersebut akan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk membangun konektivitas antara wilayah. Namun, pembangunan tersebut harus  dilakukan secara inklusif.

Advertisement

“Artinya, kita tidak boleh eksklusif pada fungsi kita saja. Jadi tidak hanya transportasi, tapi bagaimana kereta api bisa berfungsi ganda (sebagai pendongkrak ekonomi),” ujarnya saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Selasa (7/6).

Budi mengatakan dirinya telah berdiskusi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan wisata di sepanjang jalur kereta api Makassar-Parepare. Salah satu Kawasan wisata yang akan dikembangkan diantaranya Rammang-rammang di Maros.

Dia menargetkan proyek kereta api Trans Sulawesi Makassar-Parepare akan beroperasi Oktober 2022. Jalur tahap pertama tersebut meliputi Maros-Barru yang memiliki delapan stasiun. Nantinya, seluruh stasiun tersebut memberikan pelayanan penumpang perintis dan kereta wisata. 

Pembiayaan Kreatif

Pada kesempatan tersebut, Budi mengatakan, pihaknya berupaya untuk mengintensifkan pendanaan kreatif non APBN dan menentukan skala prioritas pembangunan infrastruktur transportasi nasional. Upaya tersebut perlu dilakukan, agar konektivitas antar wilayah di Indonesia dapat terus berjalan di tengah keterbatasan fiskal negara.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement