Jokowi Bakal Resmikan Tiga Pelabuhan Penyeberangan di Wakatobi

Tia Dwitiani Komalasari
8 Juni 2022, 17:00
Spot Menyelam Di Secret Garden Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Kemenparekraf
Spot Menyelam Di Secret Garden Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan tiga pelabuhan penyeberangan dan satu unit kapal roro di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (9/6). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah melakukan kunjungan kerja untuk mengecek kondisi tiga Pelabuhan dan kapal tersebut, Rabu (8/6).

Ketiga pelabuhan penyeberangan yang akan diresmikan yaitu Pelabuhan Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sementara satu unit kapal penyeberangan yang akan diresmikan yaitu Kapal KMP Sultan Murhum II.

“Kita bangun pelabuhan ini menggunakan dana SBSN (Surat Berharga Syariah Negara) dan kita selesaikan ini dalam waktu dua tahun. Keberadaan pelabuhan ini sangat dibutuhkan untuk melancarkan konektivitas di Wakatobi dan sekitarnya,” ujar Budi.

 Saat ini, angkutan penyeberangan di Sulawesi Tenggara melayani 11 lintasan perintis yang terdiri dari sembilan lintas dalam provinsi dan dua lintas antar provinsi. Rute tersebut memiliki tujuh kapal penyeberangan. 

Sementara di Wakatobi, penyebrangan dilayani oleh dua kapal yaitu KMP Bahtera Mas II dan KMP Sultan Murhum II yang akan diresmikan. Kedua kapal ini akan melayani lintas penyeberangan di Kabupaten Wakatobi dengan rute Wanci – Kaledupa – Tomia – Binongko.

Budi mengatakan, ketiga pelabuhan penyeberangan perintis yaitu Kaledupa, Tomia, dan Binongko, selesai dibangun pada tahun 2021. Ketiga Pelabuhan tersebut memiliki total panjang dermaga 82 meter, kedalaman kolam 5 m, kapasitas sandar 1000 GRT, tipe dermaga Dolphin, dan tipe bongkar muat plengsengan.

 Kapal penyebrangan baru

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...