PUPR Butuh Dana Rp43 Triliun untuk Bangun Infrastruktur Dasar IKN

Andi M. Arief
9 Juni 2022, 18:04
Pedagang menjajakan dagangannya di atas jukung (perahu) di Wisata Pasar Terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (8/6/2022). Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan enam destinasi wisata menjadi prioritas dalam pengembang
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/rwa.
Pedagang menjajakan dagangannya di atas jukung (perahu) di Wisata Pasar Terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (8/6/2022). Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan enam destinasi wisata menjadi prioritas dalam pengembangan, salah satunya wisata pasar terapung dan geopark Meratus yang berpotensi menjadikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai kekuatan baru ekonomi serta sebagai pintu gerbang IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membutuhkan dana sebesar Rp 43,73 triliun untuk membangun infrastruktur dasar di  Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) ibu kota negara (IKN) Nusantara. Dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2022-2024.

Menurut Basuki, alokasi dana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun ini adalah Rp 5,07 triliun. Namun,  alokasi anggaran IKN Nusantara yang terserap pada tahun ini diperkirakan hanya 86% atau Rp 4,3 triliun. 

"Sekarang sudah ada beberapa yang sudah lelang, namun ada yang baru lelang Juli ini. (Dengan demikian,) kemungkinan tidak akan menyerap Rp 5 triliun," kata Basuki dalam rapat kerja dengan Komisi V DPR, Kamis (9/6). 

 Secara rinci, anggaran terbesar proyek IKN tahun ini ditujukan untuk infrastruktur permukiman senilai Rp 2,36 triliun. Infrastruktur yang dimaksud adalah gedung-gedung pemerintahan, seperti Istana Presiden, Kantor Wakil Presiden, dan Kantor Kementerian. 

Sementara itu, anggaran untuk pembangunan jalan tol di KIPP IKN Nusantara pada tahun ini adalah Rp 1,74 triliun. Jalan tol yang dimaksud adalah Tol Balikpapan Samarinda Kilometer 11-Junction Pulau Balang, Bandara Sepinggan-Jalan Tol Balikpapan - Samarinda, Bandara VVIP-Outer ring road Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), dan  junction Pulau Balang-KIPP. 

Adapun, alokasi anggaran untuk perumahan di KIPP IKN Nusantara adalah sekitar Rp 480 miliar. Sementara itu, alokasi anggaran untuk infrastruktur sumber daya air (SDA) adalah Rp 490 miliar. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...