Prabowo Bertemu Menhan AS Bahas Keamanan Internasional

Image title
10 Juni 2022, 22:08
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat tersebut beragendakan pembahasan anggaran dan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang men
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/NZ.
Menhan Prabowo Subianto bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat tersebut beragendakan pembahasan anggaran dan rencana pembelian alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang menelan anggaran hingga Rp1.750 triliun.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd James Austin III pada Jumat (10/6). Pertemuan keduanya terjadi di Dutch Pavillion Hotel Shangri-La Singapura.

Diketahui, keduanya berada di Singapura dalam rangka menghadiri sebuah panel diskusi International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue (SLD) 2022 yang bertemakan "Mengelola Persaingan Geopolitik di Kawasan Multipolar". Diketahui agenda tersebut menjadi salah satu forum terpenting bagi pejabat senior dunia untuk berbagi perspektif baru tentang tantangan keamanan yang berkembang, terutama di kawasan Asia.

Advertisement

Menurut Austin, pertemuan dengan Prabowo memberikan kesan yang baik. Hal itu disebabkan kedua negara memiliki pandangan yang sama terkait keamanan regional maupun internasional.

"Pembicaraaan yang produktif dan jujur hari ini dengan Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo tentang hubungan bilateral pertahanan dan pandangan bersama tentang keamanan regional dan internasional," ujar Austin dalam media sosial resminya pada Jumat (10/6).

 Dalam keterangannya, Prabowo menyatakan bahwa Austin berkeinginan untuk mendengar dirinya berpidato dalam forum IISS SLD, sebagaimana dirinya memberikan pidato pembukaan dalam sorum IISS Manama Dialogue di Bahrain pada November tahun lalu.
"Thank God, alhamdulillah kali ini saya tidak harus pidato,” kelakar Prabowo kepada Austin sembari tertawa.

Pada tahun lalu, Prabowo sempat menekankan pentingnya kekuatan yang seimbang dengan kebijakan. Hal itu diungkapkan Prabowo merupakan sebuah kunci bagi perdamaian dunia.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement