Profil Mendag Baru Zulkifli Hasan, Mantan Menteri Kehutanan di Era SBY

Tia Dwitiani Komalasari
15 Juni 2022, 10:50
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melambaikan tangan usai memberikan sambutan pada acara silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan melambaikan tangan usai memberikan sambutan pada acara silaturahmi Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di Plataran Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) yang baru pada Rabu (15/6). Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut akan menggantikan Muhammad Luthfi.

Menduduki jabatan Menteri bukan hal yang baru bagi Zulkifli. Pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Zulkifli pernah menjabat sebagai Menteri Kehutanan yaitu sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014.

Advertisement

Sebelumnya, ayah empat anak tersebut telah lama berkiprah di lembaga legislatif sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat selama tahun 2004-2009. Dia bahkan pernah mengemban tugas sebagai Ketua MPR RI pada periode 2014-2019.

Zulkifli juga mengemban jabatan strategis di PAN. Pria asal Lampung itu pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal PAN pada 2005-2010.

 Dia kemudian menggantikan Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum PAN periode 2015- 2020. Dalam Kongres V PAN yang digelar Februari 2020, ia kembali terpilih sebagai pimpinan tertinggi partai tersebut untuk periode 2020-2025.

Perpanjangan jabatan Zulkifil sebagai Ketua PAN sempat diwarnai polemik. Saat itu, Amien Rais yang menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN, mengkritik rencana Zulkifli yang akan merapat ke koalisi pendukung Jokowi. Amien Rais kemudian mendukung Mulfachri Harahap sebagai Ketua Umum PAN.

Meskipun demikian, Zulkifli tetap memenangkan kursi Ketua Umum PAN. Amien Rais dan putranya Hanafi Rais yang menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Pan kemudian hengkang dari partai tersebut karena perbedaan pendapat.

Hingga akhirnya PAN resmi bergabung dengan koalisi pendukung partai Jokowi . Keputusan tersebut disahkan melalui Rapat Kerja Nasional PAN di Jakarta pada 31 Agustus 2022. Meskipun demikian, Jokowi  belum memberikan jatah kursi menteri pada partai tersebut hingga akhirnya Zulkifli dilantik sebagai Mendag hari ini.

Berikut profil Zulkifli Hasan seperti dikutip dari website DRP RI, Rabu (15/6):

Nama lengkap : Dr (HC) Zulkifli Hasan, SE, MM

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement