Jutaan Hektare Tanaman Pangan Ukraina Gagal Panen Imbas Invasi Rusia

Patricia Yashinta Desy Abigail
16 Juni 2022, 13:21
Ivan Alvarado Seekor kuda merumput di samping tank Rusia yang hancur, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di Chupakhivka, Ukraina, Selasa (24/5/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Ivan Alvarado/aww/cf
Ivan Alvarado Seekor kuda merumput di samping tank Rusia yang hancur, saat serangan Rusia ke Ukraina terus berlanjut, di Chupakhivka, Ukraina, Selasa (24/5/2022).

Sebanyak 2,4 juta hektare lahan tanaman musim dingin Ukraina diperkirakan bakal gagal panen karena terdampak invasi Rusia. Kondisi tersebut menimbulkan kekhawatiran dunia akan pasokan bahan pokok yang semakin menipis dan harga pangan yang melambung tinggi.

Sebuah analisis oleh Pusat Penelitian Pangan dan Penggunaan Lahan Institut Ekonomi Sekolah Kyiv bekerja sama dengan Kementerian Pertanian Ukraina menyatakan sektor pertanian sejauh ini menderita kerugian sebesar $ 4,29 miliar. Hal itu karena invasi dan perang telah membunuh sekitar 42.000 domba dan kambing, 92.000 sapi, 258.000 babi dan lebih dari 5,7 juta ekor unggas.

"Agresi Rusia berimbas pada kemampuan Ukraina untuk mengekspor produk pertanian kami secara bebas dan memberi makan sekitar 400 juta orang per tahun di seluruh dunia," kata Roman Neyter, pakar di Pusat Penelitian Pangan dan Penggunaan Lahan Ukraina seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/6).

 Selain bahan makanan, harga benih, pupuk, dan bahan bakar telah meningkat rata-rata 35-45% di seluruh Ukraina. Menurut data Famine Early Warning Systems Network (FEWSNET), produksi pertanian tanaman musim dingin dan semi dapat menurun sebanyak 25%-50%.  Sejumlah daerah juga memiliki pasokan air yang sangat buruk karena wilayahnya tidak memiliki listrik.

Sekretaris Jendral PBB, Antonio Gutteres, mengatakan perang di Ukraina membuat pasokan bahan pangan menipis dan berimbas pada distribusi pangan global yang belum pulih dari dampak pandemi Covid-19. “Kondisi ini membuat puluhan juta orang di ambang krisis pangan.” kata Guterres dalam rapat PBB tentang ketahanan pangan di New York, Amerika Serikat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...