Industri Penerbangan Bangkit, Puluhan Rute Baru Dibuka Awal Tahun Ini

Andi M. Arief
21 Juni 2022, 16:00
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air disambut tradisi "water salute" setelah mendarat pada penerbangan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (28/4/2022).
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym.
Pesawat Airbus A320-200 maskapai Pelita Air disambut tradisi "water salute" setelah mendarat pada penerbangan perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (28/4/2022).

Maskapai penerbangan di dalam negeri menambah puluhan rute penerbangan domestik dan internasional pada Januari-Juni 2022. Salah satu pertimbangan ekspansi rute ini adalah pemulihan pandemi Covid-19 setelah vaksinasi. 

Berdasarkan catatan Katadata hingga 21 Juni 2022, setidaknya ada tiga maskapai yang menambah atau mengaktifkan kembali rute penerbangan pada semester  I-2022, yakni PT AirAsia Indonesia Tbk, PT Pelita Air Service, dan PT Batik Air Indonesia. Ketiga maskapai tersebut tercatat menambah 23 rute penerbangan domestik maupun internasional. 

Air Asia tercatat melakukan penambahan maupun reaktivasi rute terbanyak atau mencapai 16 rute. Hingga Juni 2022, rute domestik yang telah ditambah adalah Balikpapan-Medan, Bali-Medan, Bandung-Medan, Labuan Bajo-Bali, dan Aceh-Kuala Namu. 

Sementara itu, mayoritas rute internasional Air Asia telah diaktifkan kembali menuju Malaysia. Adapun, 11 rute internasional yang diaktifkan kembali adalah Medan-Kuala Lumpur, Medan-Penang, Makassar-Kuala Lumpur, Yogyakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Singapura, Jakarta-Bangkok, Surabaya-Penang, Bali-Singapura, Lombok-Kuala Lumpur, Surabaya-Johor Baru, dan Bali-Perth. 

 Di samping itu, Pelita Air membuka dua rute penerbangan domestik baru pada paruh pertama 2022, yakn Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Bali. Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan mengatakan penambahan dua rute tersebut disebabkan laju permintaan yang lebih cepat dari perkiraan perseroan. 

Di sisi lain, Batik Air menambah lima rute internasional pada Juni 2022. Kelima rute tersebut adalah Bali-Melbourne, Bali-Brisbane, Medan-Singapura, Jakarta-Singapura, dan Jakarta-Kuala Lumpur. 

Penambahan rute terbaru Batik Air adalah perjalanan menuju Australia. CEO Batik Air Mushafiz Bin Mustafa Bakri mengatakan akan mempersiapkan rute-rute internasional lainnya dalam mendukung aktivitas masyarakat, wisatawan, dan pebisnis. 

Mushafiz mengatakan, animo rute Bali-Melbourne cukup positif saat diluncurkan pertama kali pada 17 Juni 2022. Dengan demikian, Batik Air akan terus mengeksplorasi dan memperkuat koneksi ke Australia. 

"Batik Air mengoperasikan pesawat generasi modern tipe Boeing 737 dalam menyediakan layanan full service ke seluruh jaringan domestik dan internasional," kata Mushafiz, Senin (20/6). 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...