Profil Maskapai Penerbangan Susi Air, Punya 196 Rute Domestik

Tia Dwitiani Komalasari
23 Juni 2022, 15:20
Susi Air
Susiair.com

Pesawat Susi Air jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM, jatuh di Kabupaten Timika, Papua, Kamis (23/6). Pilot dan enam penumpang dalam pesawat tersebut selamat dan telah dievakuasi.

Susi Air merupakan maskapai penerbangan yang banyak beroperasi di rute-rute perintis dengan menggunakan pesawat bermuatan kecil. Dikutip dari situs resmi perusahaan, Susi Air mulai beroperasi di Medan sebagai tanggapan terhadap gempa bumi dan tsunami Aceh yang menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut pada 27 Desember 2004.

Sejak itulah dua pesawat beroperasi secara permanen di Medan. Awalnya, Susi Air lebih fokus menyediakan penerbangan charter untuk organisasi bantuan.

 Pada 2006, Susi Air mulai mengembangkan rute terjadwal yang berbasis di luar Medan. PT. ASI Pudjiastuti Aviation yang memegang Sertifikat Operator Udara AOC 135-028 tersebut juga  telah berkembang secara signifikan.

Saat ini Susi Air mengoperasikan 49 armada pesawat yang terdiri dari 32 Cessna Grand Caravan C208B, 9 Pilatus PC-6 Turbo Porter, 3 Piaggio P180 Avanti II, 1 Air Tractor AT802 “Fuel Hauler”, 1 Piper Archer PA-28 dan 1 LET 410 untuk pesawat sayap tetap.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...