Bantu Petani Swadaya, Musim Mas Beli TBS Sawit di Atas Harga Pasar

Tia Dwitiani Komalasari
30 Juni 2022, 11:28
Petani Kelapa Sawit
Arief Kamaludin|Katadata

Grup Musim Mas mengumumkan membeli Tandan Buah Segar (TBS) sawit di atas harga pasar untuk mendukung petani swadaya yang menjual hasil produksinya ke perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut membeli TBS seharga Rp 1.600 per kilogram (kg).

Head of Corporate Affairs Musim Mas Group, Gunawan Siregar, mengatakan bahwa kelebihan pasokan membuat harga TBS turun sampai Rp 1.200 per kg dari sebelumnya Rp 3.000 sampai Rp 3.500 per kg.

 “Penurunan harga Tandan Buah Segar (TBS) mungkin tidak tampak seperti kebanyakan orang, tetapi jutaan mata pencaharian petani dipertaruhkan dengan harga yang lebih rendah,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6).

 Padahal petani sawit sebelumnya telah terbebani dengan kenaikan harga bahan bakar, pupuk dan pangan yang meningkat dua hingga tiga kali lipat. Oleh sebab itu, Grup Musim Mas memutuskan untuk membeli TBS lebih tinggi dari harga pasar yaitu Rp 1.600 per kg.

“Sebagai grup yang menempatkan mata pencaharian petani sawit sebagai inti dari apa yang kami lakukan, kami memutuskan untuk membeli TBS lebih tinggi dari harga pasar, yaitu dengan harga Rp 1.600 per kg, untuk mendukung mereka,” kata Gunawan.

Dia mengatakan, petani sawit (smallholders) menyumbang 40% dari produksi minyak sawit global. Namun demikian, mereka kekurangan sumber daya serta keahlian untuk meningkatkan hasil dan produksi yang lebih berkelanjutan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...