Sambut KTT G20, Penataan Jalan Tol Bali Mandara Selesai Juli

Andi M. Arief
30 Juni 2022, 13:30
Tol Bali Mandara
Humas Jasa Marga
Tol Bali Mandara

PT Jasa Marga optimistis proyek penataan Jalan Tol Bali Mandara dapat rampung pada pertengahan Juli 2022. Saat ini, perkembangan pengerjaan proyek tersebut telah mencapai 90%. 

Penataan Tol Bali Mandara dilakukan untuk menyambut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022. Proyek penataan tersebut dikerjakan oleh anak usaha Jasa Marga, yakni PT Jasamarga Bali Tol (JBT). 

"Meskipun saat ini pekerjaan konstruksi gerbang tol dengan desain angkul-angkul Bali tengah berjalan, kami tetap memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan dalam bertransaksi di gerbang tol," kata Direktur Utama JBT, I Ketut Adiputra Karang, dalam keterangan resmi, Kamis (30/6). 

Adiputra mengatakan, sebagian lingkup proyek penataan yang dimaksud adalah penataan Gerbang Tol (GT) Nusa Dua, Benoa, dan Ngurah Rai. Selain itu, JBT juga memasang ornamen pada 549 unit Penerangan Jalan Umum (PJU).

Dia mengatakan, pengerjaan yang sedang dilakukan adalah pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Adiputra menyebutkan proyek tesebut bekerja sama dengan PT Bukit Energi Investama. 

 Pembangunan PLTS yang memiliki kapasitas maksimum 400 kilowatt-peak (kWp) ini akan dimulai di Gerbang Tol Ngurah Rai. Selanjutnya akan diteruskan ke dua gerbang tol lainnya, yaitu Gerbang Tol Nusa Dua dan Gerbang Tol Benoa.

Nantinya, panel surya akan dipasang di enam titik, pada akses masuk dan keluar jalur motor di tiga gerbang tol Jalan Tol Bali-Mandara. Panjang panel surya untuk masing-masing titik tersebut adalah sepanjang 1 kilometer.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...