Atasi Wabah PMK, Kementan Luncurkan 455 Armada Disinfeksi Massal

Andi M. Arief
30 Juni 2022, 16:31
Petugas pusat kesehatan hewan (Puskeswan) menyiapkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebelum disuntikkan ke hewan ternak sapi di kawasan Jalan Bangaris, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (29/6/2022). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendapa
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Petugas pusat kesehatan hewan (Puskeswan) menyiapkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) sebelum disuntikkan ke hewan ternak sapi di kawasan Jalan Bangaris, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Rabu (29/6/2022). Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan bantuan sebanyak 2.700 dosis vaksin PMK dari pemerintah pusat guna mencegah penularan PMK di berbagai sejumlah wilayah di Kalteng.

Kementerian Pertanian (Kementan), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK).  Salah satunya dengan meluncurkan 455 armada disinfeksi PMK di penjuru negeri. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, Makmun, mengatakan disinfeksi akan dilakukan di area peternakan, tempat-tempat penjualan hewan kurban, dan di rumah potong hewan.

"Hari ini, kami lakukan di area DKI Jakarta dan Kabupaten Bogor, yang lain menyusul," kata Makmun di kompleks Kementerian Pertanian, Kamis (30/6). 

Makmun mengatakan, Kementan juga telah mendistribusikan 1.055 liter disinfektan dan 2.000 unit handsprayer ke seluruh wilayah terjangkit. Selain itu, Kementan juga telah mendistribusikan antibiotik, vitamin, dan obat-obatan hewan sebanyak 203.000 dosis.

 Untuk mendukung vaksinasi PMK, Makmun mengatakan, Kementan telah mengirimkan 800.000 unit spuit atau komponen alat suntik ke wilayah terjangkit. Total vaksin PMK yang telah tersuntikkan mencapai 170.911 sampai hari ini, Kamis (30/6), pukul 12.34 WIB. 

Di samping itu, BNPB membantu distribusi disinfektan ke wilayah terjangkit PMK sejumlah 357.000 liter dan alat semprot hingga 950.000 unit. BNPB juga menyumbangkan 874.920 unit alat pelindung diri (APD). 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...