Harga Pangan Merangkak Naik Jelang Idul Adha, Cabai Makin Meroket

Tia Dwitiani Komalasari
5 Juli 2022, 17:09
Pedagang memilah cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (4/7/2022).
ANTARA FOTO/Budi Prasetiyo/wsj.
Pedagang memilah cabai rawit merah di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta, Senin (4/7/2022).

Harga pangan mulai merangkak naik jelang Hari Raya Idul Adha. Kenaikan harga pangan tertinggi terjadi pada kelompok cabai.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, Selasa (5/7), semua kelompok cabai mengalami kenaikan harga dibandingkan hari sebelumnya. Harga cabai merah keriting naik dari Rp 81.100 per kg menjadi Rp 82.450 per kg. Harga cabai merah besar naik dari Rp 75.250 per kg menjadi Rp 76.400 per kg.

Advertisement

Sementara harga cabai rawit merah naik dari Rp 95.950 per kg menjadi Rp 97.100 menjadi Rp 95.950 per kg. Kenaikan tertinggi terjadi pada harga cabai rawit hijau dari Rp 71.900 per kg menjadi Rp 74.200 per kg.

Kepala Badan Pangan Nasional / NFA (National Food Agency), Arief Prasetyo Adi, mengatakan bahwa pihaknya telah memfasilitasi distribusi cabai dari wilayah surplus ke defisit sejak tiga pekan lalu. Hal itu dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga.

Wilayah surplus tersebut adalah Kabupaten Wajo, Jeneponto, dan Takalar, Sulawesi Selatan. Sementara wilayah defisit diantaranya Jabodetabek.

“Antisipasi lonjakan harga jelang hari Raya Idul Adha, NFA terus lakukan fasilitasi distribusi pangan beberapa komoditas pangan, seperti cabai, bawang, jagung, sapi,” kata Arief melalui siaran pers, Selasa (5/7).

Selain untuk mengintervensi harga, distribusi juga berdampak baik bagi
petani cabai. Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Wajo, harga beli cabai di tingkat petani saat ini bisa mencapai angka Rp60 ribuan yang sebelumnya hanya di angka Rp30 ribuan, bahkan pernah di bawah Rp10 ribuan.

Selain cabai, komoditas lainnya seperti bawang merah juga mendapatkan fasilitas distribusi. Diantaranya distrubsi 36 ton bawang merah ke beberapa wilayah diantaranya Palembang, Temanggung dan Bangka Belitung.

Begitupun jagung yang telah dilakukan fasilitasi distribusinya hingga 1.139 ton dari petani asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ke beberapa wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 
Berikut daftar rata-rata harga pangan nasional, Selasa (5/7):

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement