Demokrat Rayu Golkar Bikin Koalisi Hanya Dua Partai, Ini Respon KIB

Image title
5 Juli 2022, 20:33
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik ters
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/nym.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (kanan) usai melakukan pertemuan di Widya Candra, Jakarta, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan kedua ketua umum partai politik tersebut dalam rangka silaturahim Hari Raya Idul Fitri 1443H.

Partai Demokrat mulai melakukan manuver dengan berupaya menggaet Partai Golongan Karya (Golkar) untuk membangun koalisi yang hanya terdiri dari dua partai.  Padahal, Golkar diketahui telah menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang juga diinisiasi oleh Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPP, Achmad Baidowi alias Awiek, menegaskan bahwa ketiga partai KIB masih solid. Dirinya bahkan mengibaratkan Demokrat seperti partai yang tak punya harapan lagi.

“Itu seperti orang putus harapan. Demokrat jangan seperti orang patah harapan, meski itu (penjajakan dengan Golkar) sah-sah saja,” ujar Awiek di Kompleks Parlemen pada Selasa (5/7).

 Menurut Awiek, ajakan Demokrat terhadap Golkar mencerminkan upaya pemecahan koalisi dengan PAN dan PPP. Hal itu disebabkan rencana penjajakan yang dilakukan setelah KIB terbentuk.

“Itu kan rencana memecah belah. Dan KIB tidak terpengaruh itu,” katanya.

 Daripada mengajak salah satu partai, Awiek menyarankan agar Demokrat menjajaki peluang koalisi dengan KIB sekaligus. Sebab, ketiga partai telah memiliki tugas masing-masing dalam mendekati partai lain dalam rangka penjajakan koalisi.

“Kalau Demokrat ingin bisa ikut berlayar di Pilpres 2024, ya ikut saja dalam KIB,” tuturnya.

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...