Jokowi Waspadai Dampak Kenaikan Harga Gandum pada Industri Makanan

Andi M. Arief
7 Juli 2022, 13:39
Mohamed Abd El Ghany Seorang petani merawat gandum di sebuah lahan di provinsi El-Kalubia, timur laut Kairo, Mesir, Selasa (1/3/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Mohamed Abd El Ghany/AWW/dj
Mohamed Abd El Ghany Seorang petani merawat gandum di sebuah lahan di provinsi El-Kalubia, timur laut Kairo, Mesir, Selasa (1/3/2022).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewaspadai kenaikan harga gandum akibat perang Rusia-Ukraina. Pasalnya, Indonesia masih mengimpor gandum sebesar 11 juta ton per tahun, terutama untuk  bahan baku industri makanan.
 
Dia mengatakan, sebagian negara di dunia kini mengalami kekurangan pangan akut akibat kekurangan stok dan kenaikan harga komoditas, termasuk gandum. Sebanyak 40% pasokan gandum dunia berasal dari Ukraina, Rusia, dan Belarusia.
 
Jokowi mencatat, saat ini stok gandum yang tertahan di Ukraina sebesar 77 juta ton, sedangkan stok di Rusia mencapai 130 juta ton. Stok gandum tersebut tertahan akibat konflik kedua negara tersebut.
 

"Saya tanya ke Presiden Zelenskyy, stok gandum di Ukraina (saat ini) 22 juta ton, tidak bisa dijual. Kemudian ada panen (gandum) baru (sebesar) 55 juta ton. Artinya, stoknya (di Ukraina) sudah 77 juta ton," kata Jokowi dalam Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 di Medan, Kamis (7/7).

 Tertahannya stok tersebut menyebabkan harga gandum di pasar global telah naik 30%-50% secara tahun berjalan. Kenaikan harga gandum internasional akan berdampak pada industri makanan di dalam negeri, khususnya yang menggunakan bahan baku tepung terigu seperti biskuit, roti, dan mie.

Di sisi lain, Jokowi mencatat bahwa stok dan harga beras dalam negeri masih terkendali. Indonesia bahkan sudah berhenti mengimpor beras sejak 2019.

"Rakyat kita, utamanya petani, masih berproduksi beras dan sampai saat ini harganya belum naik. Biasanya kita impor 1,5 juta - 2 juta ton. Ini sudah tidak impor beras lagi," kata Jokowi.

Dia mengatakan, kemandirian pangan menjadi faktor yang penting saat ini. Oleh karena itu, Presiden Jokowi mengajak pemerintah daerah untuk memanfaatkan seluruh lahan dalam berbagai ukuran agar dimanfaatkan sebagai lahan pertanian.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...